/** **/

Sukses

Selama Arus Mudik, Lampu Merah di Pantura Tak Dipergunakan

Liputan6.com, Jakarta - Selama digelarnya Operasi Ketupa Lodaya 2014 atau program selama arus mudik dan balik oleh pihak kepolisian, pihak Polda Jabar menegaskan di sepanjang jalur Pantura (Pantai Utara) traffic light atau lampu lalu lintas tidak akan diberlakukan.

Direktur Lantas Polda Jabar Kombes Pol Djoko Rudi mengatakan, belajar dari arus mudik dan balik beberapa tahun ke belakang, lampu lalu lintas yang difungsikan biasanya menyala selama 90 detik dan berimbas kepada kemacetan

"Kebijakannya kita tidak akan mengfungsikan traffic light. Jadi nanti tidak diberlakukan kami imbau kepada masyarakat yang akan melakukan mudik di jalur pantura," katanya saat ditemui di Bandung, Kamis (17/7/2014).

Joko mencontohkan, ketika jalur sudah padat dan tertahan lampu lalu lintas, maka antrean kendaraan akan panjang dan membutuhkan waktu lama untuk dilakukan penguraian.

"Jalur utara seperti kawasan Cikopo, mencakupi Mutiara, Cikampek hingga Simpang Jomin traffic light tidak diberlakukan," bebernya.

Untuk antisipasi, pihaknya akan menurunkan personel yang nantinya bertugas mengurai kemacetan, atau traffic light diganti dengan pengaturan secara manual.

"Nanti akan ada petugas 24 jam nonstop. Selain itu perintah hanya dilakukan oleh satu orang tidak banyak. Yang sudah-sudah nanti semrawut," pungkas Joko.