/** **/

Sukses

Muhammadiyah: Idul Fitri Jatuh pada Senin 28 Juli 2014

Liputan6.com, Yogyakarta - Muhammadiyah menetapkan Idul Fitri atau 1 Syawal tahun ini akan jatuh pada 28 Juli 2014.

Pimpinan Muhammadiyah Yunahar Ilyas mengatakan, berdasarkan hisab pimpinan Muhammadiyah, 1 Syawal akan jatuh pada 28 Juli 2014. Maka lebaran tahun akan terhitung sama dengan penetapan dari Kementerian Agama.

"Dengan hal ini maka 1 Syawal tahun ini akan sama dengan pemerintah. Hanya awalnya yang berbeda, Jadi Muhammadiyah akan berpuasa selama 30 hari," ujar Yunahar di kantor PP Muhammadiyah Jumat (18/07/2014).

Yunahar menjelaskan penetapan masuknya 1 Syawal 1435 H mulai pada hari Ahad Pahing 27 Juli 2014 pukul 17:43:39 WIB. Pada saat itu, bulan pada saat terbenam matahari di Yogyakarta pada posisi 3 derajat 37 menit 48 detik atau posisi bulan sudah berada di atas ufuk. Yunahar menyatakan kondisi itu disebut Wujudul Hilal atau hilal sudah wujud. Wujudul hilal adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pada saat matahari terbenam, bulan belum terbenam.

Sementara saat ini kondisi tersebut terjadi  di seluruh wilayah Indonesia, yaitu saat terbenam Matahari itu bulan berada di atas ufuk. Berdasarkan itulah pimpinan Muhammadiyah menetapkan 1 Syawal jatuh pada hari Senin Pon 28 Juli 2014.

Muhammadiyah menetapkan 1 Syawal dengan menggunakan tiga kriteria atau dikenal  metode hisab hakiki wujudul hilal. Jika tiga kriteria ini sudah muncul maka sudah terpenuhi syarat ditetapkanya bulan baru.

"Tiga kriteria itu jika terjadi ijtima (konjungsi) antara bulan dan matahari. Kriteria kedua, ijtimak terjadi sebelum terbenam matahari, Ketiga, ketika matahari terbenam bulan belum terbenam atau bulan masih berada diatas ufuk. Jika kriteria sudah terpenuhi maka hilal sudah wujud," ujar Yunahar.