/** **/

Sukses

6 Kereta Disiapkan untuk Mudik Gratis di Malang

Liputan6.com, Malang - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan 6 kereta untuk program mudik gratis melalui Stasiun Kota Baru, Malang, Jawa Timur. Hanya saja, seluruh KA gratis tersebut memiliki rute Surabaya-Malang-Blitar.

Kepala Stasiun Kota Malang, M Sofyan mengatakan, 6 kereta tersebut antara lain 5 KA Penataran dan 1 KA Penataran Ekspres. "Masyarakat bisa mendaftar mudik gratis dengan cara membawa identitas diri ke stasiun terdekat," kata Sofyan di Malang, Jumat (18/7/2014).

6 Kereta tersebut masing–masing memiliki 5 rangkaian atau gerbong. Setiap kereta memiliki daya tampung 530 kursi. Selain melayani arus mudik gratis, keenam kereta itu juga melayani arus balik gratis.

Jadwal keberangkatan untuk arus mudik dimulai pada 24 hingga 27 Juli 2014. Sementara untuk arus balik dijadwalkan pada 1–3 Agustus.

"Kereta gratis untuk arus mudik dan balik ini semuanya tujuan Surabaya–Malang–Blitar. Jadi jalurnya memang satu arah," ujar Sofyan.

Sementara itu, Pemerintah Kota Malang menyiapkan 15 bus untuk mudik gratis. Bus tersebut disiapkan mengantar warga ke berbagai daerah di Jawa Timur. Pemudik gratis ini akan diberangkatkan pada H-2 lebaran di Balai Kota Malang.

"Bus tujuan Malang–Madura paling banyak diminati. Bahkan sejak pertama kami buka pendaftaran, sudah ada satu bus tujuan Madura yang sudah penuh terisi," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, Wahyu Setianto.

Mudik gratis yang disediakan Pemkot Malang ini merupakan kali ketiga lebaran Idul Fitri. Jumlah armada yang disiapkan pun selalu bertambah. Pada lebaran tahun lalu hanya disediakan 12 unit bus untuk mudik gratis.

Angkutan mudik gratis ini memiliki tujuan mulai dari Madura, Pacitan, Ponorogo, Bojonegoro, dan beberapa daerah lainnya. Namun armada tujuan ke Madura paling banyak tersedia, yakni 5 unit bus.