/** **/

Sukses

Angkut Pemudik, PT KAI Luncurkan Menoreh Lebaran Jakarta-Semarang

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi IV Semarang meluncurkan armada tambahannya, yakni Kereta Api (KA) Menoreh Lebaran yang melayani rute Semarang-Jakarta-Semarang selama masa angkutan Lebaran 2014.

"Adanya rangkaian baru KA ini membuat kapasitas daya angkut penumpang bertambah," kata Kepala PT KAI Daops IV Semarang, Wawan Ariyanto, usai peluncuran KA Menoreh Lebaran di Stasiun Tawang Semarang, Jumat (18/7/2014).

Dengan penambahan KA Menoreh Lebaran itu, kata dia, para calon penumpang yang semula tidak terangkut pada masa angkutan lebaran ini menjadi bisa terangkut sehingga lebih banyak masyarakat yang terlayani.

Menurut dia, kapasitas dan fasilitas yang dimiliki KA Menoreh Lebaran sama dengan KA Menoreh yang sudah terlebih dulu dimiliki PT KAI Semarang, termasuk jumlah rangkaian gerbong yang ditarik KA tersebut.

Ia menyebutkan rangkaian KA Menoreh Lebaran memiliki 10 gerbong ekonomi AC dengan kapasitas sekitar 760 penumpang sekali angkut, dan dua gerbong di antaranya dilengkapi fasilitas untuk kaum difabel.

"KA Menoreh Lebaran ini merupakan satu di antara 32 rangkaian KA tambahan yang dioperasikan di wilayah Jawa selama masa lebaran. KA ini akan beroperasi mulai 18 Juli-10 Agustus 2014," jelas Wawan.

Setelah masa angkutan lebaran berakhir, ia mengatakan KA Menoreh Lebaran rencananya akan dioperasikan untuk rangkaian KA Fajar Utama Pagi untuk menggantikan armada KA Fajar Utama yang dahulu.

Berkaitan dengan kesiapan masa angkutan lebaran, ia mengatakan pihaknya sudah melakukan pengecekan dan secara prinsip semuanya sudah siap, terutama sarana prasarana digunakan untuk angkutan lebaran.

"Ini (angkutan lebaran) kan kerjaan rutin, setiap tahun. Setiap hari pun siap sebenarnya kami siap. Beberapa waktu lalu, kami gelar safari Ramadan sekaligus mengecek kesiapan angkutan lebaran," ujar Wawan.

Sementara itu, Kepala Humas PT KAI Daops IV Semarang Suprapto menambahkan armada baru KA itu merupakan satu dari dua rangkaian yang baru saja dibeli PT KAI dari PT Industri Kereta Api (Inka).

Untuk besaran tarif, tiket KA Menoreh Lebaran dijual dengan harga Rp 120.000-Rp 250.000 yang sudah dijual mulai 12 Juli lalu sehingga masyarakat harus cepat membeli jika tidak ingin kehabisan.