/** **/

Sukses

Angkut Pemudik, ASDP Merak Siapkan 42 Kapal

Liputan6.com, Merak - Menjelang arus mudik Idul Fitri 2014, ASDP Cabang Merak tak akan menambah jumlah kapal yang akan beroperasi. Dari 5 dermaga yang ada, akan diisi maksimal 6 kapal yang berlayar.

"Tiap dermaga maksimal 6 Kapal. Sehingga jumlah kapal yang beroprasi 27 unit," kata kepala Cabang ASDP Merak Yanus Lentanga di kantornya, Merak, Sabtu (19/7/2014).

Dari data yang ada, kata Yunus, kapal yang tercatat di pelabuhan Merak Banten sebanyak 48 kapal. Sedangkan yang memiliki izin operasi hanya 47 kapal.

"Dari 47 kapal yang memiliki izin operasi, hanya 42 kapal yang siap untuk digunakan berlayar menyeberang ke pelabuhan Bakauheuni Lampung. Ini karena 5 kapal yang lainnya tengah docking atau perawatan berkala," tutup Yunus.

Tambah Loket

Sementara Humas ASDP Merak Mario S Oetomo menyatakan pihaknya terus berbenah untuk menyambut para pemudik yang akan menggunakan jasa penyeberangan di Merak-Bakauheni. Salah satunya ialah dengan menambah gang way atau jembatan penghubung di tiap dermaga.

"Kita memperkirakan gang way ini selesai pada H-7 dan siap dioperasikan pada musim mudik nanti," kata Humas ASPD Merak Mario S Oetomo, Cilegon, Banten.

Dia berharap, dengan ditambahnya gang way ini, penumpang yang keluar dan menuju kapal tidak lagi berpapasan sehingga menyebabkan penumpukan penumpang.

Selain menambah gang way, ASDP juga sedang melakukan penambahan jumlah loket. Tidak hanya loket pejalan kaki, tetapi juga loket untuk kendaraan bermotor juga akan ditambah.

"Loket untuk pejalan kaki yang biasanya berjumlah 8 loket, akan ditambah menjadi 13 loket. Sedangkan loket untuk sepeda motor akan ditambah jadi 10 loket. ASDP juga menyiapkan jalur kebutuhan khusus bagi penumpang berkebutuhan khusus dan kursi roda," tutur Mario.