/** **/

Sukses

Sebagian Personel Amankan Pilpres, Kapolri Jamin Mudik Aman

Liputan6.com, Jakarta - Polri menggelar Operasi Ketupat 2014 untuk mengamankan aktivitas jelang dan pasca Lebaran. Kapolri Jenderal Sutarman yakin, para anggotanya di lapangan bisa tetap berkonsentrasi menjaga kamtibnas meski Lebaran tahun ini berbarengan dengan agenda Pilpres.

Total kekuatan dalam Operasi Ketupat tahun ini mencapai 137.795 personel gabungan yang terdiri dari 86.243 personel Polri dan 51.552 personel dari TNI serta instansi lain

Sutarman menjelaskan, Operasi Ketupat, digelar selama 16 hari terhitung saat KPU rekapitulasi suara, Selasa 22 Juli besok hingga 6 Agustus. Adapun yang menjadi konsentrasi dari pengamanan mudik Lebaran terletak di pusat perbelanjaan tempat wisata dan kriminalitas selama Lebaran.

"Meski sebagian lagi kekuatan Polri masih amankan proses (Pilpres), tapi kekuatan Polri didukung TNI secara khusus telah siap serta mampu menjamin seluruh terselenggaranya kegiatan (Lebaran dan Pilpres)," kata Sutarman saat apel Operasi Ketupat di Lapangan Lalu Lintas Polda Metro, Jakarta, Senin (21/7/2014).

Sutarman berharap, pengumuman hasil rekapitulasi nasional KPU yang akan digelar Selasa 22 Juli berlangsung kondusif. Dan bagi masyarakat ataupun simpatisan pasangan capres dan cawapres tidak terprovokasi isu yang mendorong kepada tindakan anarkis.

"Saya menggugah kesadaran semua sebagai warga negara yang baik untuk bisa menyelesaikan pemilu melalui mekanisme konstitusional, tidak dengan cara anarkis. Siapa pun yang terpilih harus kita dukung sebagai pemimpin bangsa," tandas Sutarman. (Mut)