/** **/

Sukses

Ingin Aman Saat mudik, Ikuti Tips Ini

Liputan6.com, Yogyakarta - Aman dan selamat sampai di tempat tujuan menjadi harapan semua pemudik. Namun kecelakaan saat mudik menjadi mimpi buruk yang membayangi pemudik di jalan raya.

Agar selamat dan sampai tujuan Kepala Direktorat Lalulintas Polda DIY Kombes Pol Nasri Wiharto memiliki tips aman bagi pemudik yang akan melakukan perjalanan ke kampung halaman.

"Bagi yang ingin mudik. Ada 3 tips aman bagi pemudik, pertama kondisi kendaraan harus prima," kata Nasri Wiharto usai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Progo 2014 (Pam Lebaran) Polda DIY di Alun-Alun Utara Yogyakarta, Senin (21/7/2014).

Nasri melanjutkan, selain kendaraan harus dalam kondisi bagus sehingga perjalanan tidak terganggu, kesehatan pengemudi harus dalam keadaan prima.

"Tip kedua, pengemudinya harus sehat. Jangan mengemudi saat kondisi badan tidak sehat, karena itu bisa membahayakan diri sendiri dan pengendara lain ini penting," paparnya.

Nasri juga meminta agar pengemudi memanfaatkan tempat atau pos Lebaran untuk beristirahat. Jangan sampai melakukan perjalanan lebih dari 2 jam. Jika sudah melebihi 2 jam perjalanan sebaiknya mengambil waktu untuk beristirahat.

"Tips ketiga yang tak kalah penting adalah menaati peraturan lalu lintas. Kalau ada traffic light menyala merah ya berhenti, jangan menerobos. Itu jelas membahayakan pengemudi lain," kata Nasri.

Nasri menjelaskan, kebiasaan menggunakan telepon genggam saat berkendara, sangat berbahaya baik bagi diri sendiri maupun pengemudi lainnya.

"Jangan terima telepon saat mengemudi, apalagi membalas SMS saat kendaran, itu sangat berbahaya karena konsentrasi bisa terbelah. Banyak kasus gara-gara membalas SMS, justru bahaya maka akan mengalami kecelakaan," tandas Nasri. (Mut)