/** **/

Sukses

Amankan Pemudik, 600 Personel Polisi Disebar di Aceh

Liputan6.com, Banda Aceh - 600 Personel dikerahkan Polda Aceh untuk mengamankan pemudik Hari Raya Idul Fitri 1435 H dalam rangka Operasi Ketupat Rencong 2014.

Ratusan personel tersebut akan disebar di 94 pos pengamanan dan pelayanan di seluruh Aceh yang akan dimulai dari 22 Juli hingga 6 Agustus mendatang.

"Mereka akan mengamankan arus mudik di jalur utara, barat dan selatan, serta tengah-tenggara Aceh," ujar, Irjen Husain Hamidi, Kapolda Aceh, Senin (21/7/2014).

Apel persiapan pengamanan menyambut mudik dan hari raya idul fitri ini diikuti ratusan petugas dari berbagai intansi, kepolisian, Dinas Perhubungan, TNI, dan Polisi Militer.

Husain Hamidi menuturkan, pihaknya menyiapkan 63 pos pengamanan dan 31 pos pelayanan di sepanjang jalur mudik.

Sementara itu Gubernur Aceh Zaini Abdullah yang turut hadir sebagai inspektur upacara apel Operasi Ketupat Rencong 2014 meminta petugas kepolisian memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan pemudik.

"Lakukan deteksi dini dengan mengoptimalkan fungsi intelijen di lapangan, untuk mengetahui dinamika dan perkembangan situasi di masyarakat sehingga seluruh potensi yang dapat menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban dapat diantisipasi," kata Zaini.

Zaini juga meminta aparat keamanan menindak tegas pihak-pihak yang hendak mengganggu keamanan.

"Tindak tegas, namun harus humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang mengganggu gangguan keamanan selama perayaan Idul Fitri 1435 H," lanjut Zaini.

Zaini meminta masyarakat waspada, di mana kondisi mudik lebaran yang akan menyebabkan transportasi semakin padat hingga rawan timbulnya prilaku kriminalitas dan gangguan keamanan dan gangguan kamtibmas lainnya seperti pencurian sepeda motor, pencurian di rumah kosong, dan pencurian dengan kekerasan.