/** **/

Sukses

Polda DIY Turunkan 2.815 Personel Amankan Warga Rayakan Lebaran

Liputan6.com, Yogyakarta - Kepolisian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menurunkan 2.815 personel untuk pengamanan rangkaian perayaan Hari Raya Idul Fitri 2014. Selama 16 hari, ribuan polisi itu akan bertugas mengamankan perayaan lebaran dengan sandi Ketupat Progo 2014.

"Operasi ini akan dimulai besok atau H-7 sampai dengan sepekan setelah Lebaran," jelas Kabid Humas Polda DIY AKBP Anny Pudjiastuti usai apel gelar pasukan pengamanan Operasi Ketupat Progo 2014 di Alun-Alun Utara Yogyakarta, Senin (21/7).

Anny menjelaskan pihaknay akan selalu mengutamakan langkah pre-emtif, preventif dan penegakan hukum yang didukung upaya deteksi dini selama operasi Ketupat Progo. Langkah tersebut diharapkan masyarakat dapat merayakan Idul Fitri 1435 H dengan rasa aman dan nyaman.

"Target operasi dari pengamanan ini agar terciptanya kondisi keamanan dan kelancaran lalu lintas yang kondusif dengan indikator berkurangnya angka laka lantas, berkurangnya korban meninggal dunia akibat laka lantas, berkurangnya angka pelanggaran lalu lintas khusus bagi pengguna sepeda motor dan angkutan umum, serta berkurangnya titik-titik kemacaten dari operasi tahun sebelumnya," papar dia.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk mewaspadai beberapa kejadian rawan kriminalitas. Seperti maraknya peredaran uang palsu, khususnya pada tingkat pedagang kecil yang tidak mempunyai alat deteksi. Selain itu juga perlu diwaspadai aksi gendam terutama ketika berada di stasiun, terminal, bandara dan pusat perbelanjaan.

"Jangan menggunakan perhiasan berlebihan saat berbelanja dan membawa uang secukupnya. Tambahkan kunci pengaman pada kendaraan roda dua atau empat dan parkirlah di tempat yang aman," imbau Anny.