/** **/

Sukses

6 Lokasi Ngabuburit Favorit di Bengkulu

Liputan6.com, Bengkulu - Menunggu waktu berbuka puasa di bulan Ramadan merupakan waktu yang paling menyenangkan. Apalagi bagi warga Kota Bengkulu. Betapa tidak, di daerah ini setidaknya terdapat 6 tempat favorit untuk ngabuburit atau menunggu waktu berbuka tiba.

1. Pasar Beduk View Tower

Lokasi ini menjadi daya tarik tersendiri, karena letaknya tepat di depan rumah dinas Gubernur Jenderal Inggris saat menguasai Bengkulu abad ke 18, salah satunya adalah Sir Thomas Stamford Raffles. Tugu View Tower merupakan monumen berbentuk menara yang berfungsi sebagai tempat atau lokasi pemantau tsunami jika gempa datang.

Tugu ini memiliki alun-alun yang sangat luas dan dijadikan pasar kaget selama bulan puasa Ramadan yang dinamai Pasar Beduk. Berbagai makanan khas dijual di kawasan ini, di antaranya kue Koci, Lepat Binti, Pendap, dan Kue Cantik Manis serta ratusan jenis penganan untuk takjil berbuka puasa.

Selain Takjil, para pedagang yang rata-rata merupakan penduduk lokal juga menjual aneka lauk. Di antaranya gulai Bagar Hiu. Lauk pedas berbumbu kental ini dibuat dengan bahan utama daging ikan hiu muda. Ada lagi gulai Tunjang atau kaki sapi yang dimasak dengan kuah santan.

Lauk lain yang khusus dijual pada bulan Ramadan adalah Gulai Cincang atau lauk bersantan yang berisi campuran isi dalam sapi. Di antaranya hati, paru, usus, limpa, dan isi dalam perut sapi lainnya.

2. Pantai Panjang

Kawasan ini terbentang sepanjang 12 kilometer dari ujung wilayah Pasir Putih hingga Muara Pasar Bengkulu. Keunikan kawasan ini adalah di sepanjang pantai berjejer tanaman cemara laut dan menyediakan beberapa spot untuk nongkrong kawula muda.

Pantai Panjang juga memiliki kawasan khusus yang disebut Sport Centre, di sini beberapa objek sering dijadikan latar bagi anak-anak muda melakukan foto selfie.

 

1 dari 2 halaman

Lokasi Ngabuburit Favorit

3. Tugu Pers

Sebuah monumen berbentuk Pena yang dibangun untuk mengenang Bengkulu sebagai tuan rumah perhelatan Hari Pers Nasional tahun 2014, yang diresmikan oleh Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Kawasan monumen yang terintegrasi dengan Benteng Marlborough, Lapangan Tapak Paderi, dan pelabuhan lama atau Boom Baru itu memiliki lapangan parkir yang luas. Di tempat ini warga sering melakukan kegiatan buka puasa bersama, karena ada beberapa restoran yang dibangun dengan konsep sederhana namun bersih.

4. Tugu Thomas Parr

Tugu yang dibangun Inggris di depan Kantor Pos lama memiliki catatan sejarah tersendiri. Sebab konon katanya, di dalam salah satu dari 8 pilar penyanggah tugu itu dikubur jasad salah seorang pemimpin koloni Inggris bernama Thomas Parr yang meninggal di Bengkulu.

Tugu ini juga memiliki pelataran luas, beberapa komunitas anak muda menjadikan pelataran ini sebagai arena berkumpul dan bermain ketangkasan seperti sepatu roda, skate board, dan ketangkasan bersepeda.

5. Masjid Jamik

Masjid Jamik karya arsitektur Bung Karno. (Liputan6.com/Yuliardi Hardjo Putro)

Masjid yang dibangun hasil karya arsitektur Bung Karno itu terletak di batas Kelurahan Pintu Batu dan Tengah Padang. Setiap hari, masjid ini dipenuhi warga yang melakukan aktivitas keagamaan sejak lepas subuh hingga tengah malam.

Masjid yang dijadikan objek peninggalan sejarah itu, juga selalu menyediakan makanan pembuka berbuka puasa bagi masyarakat.

6. Jalan Suprapto

Kawasan Jalan Suprapto merupakan pusat perdagangan dan pertokoan di jantung Kota Bengkulu. Kawasan ini terintegrasi dengan pusat perbelanjaan Mega Mall, Pasar Tradisional Modern, dan pusat oleh-oleh di Jalan Soekarno Hatta.

Selain memiliki lokasi parkir kendaraan yang luas, kawasan ini juga memiliki tempat berbelanja khusus seperti distro dan aneka pakaian bermerk khusus.