Sukses

Selendang Mayang, si Manis Nan Menyegarkan Buat Berbuka

Liputan6.com, Jakarta - Seindah nama, secantik rupa. Selendang Mayang, es segar dengan potongan penganan dari tepung beras dan sagu, dilumuri kinca manis yang cocok untuk berbuka, serta mengenang betapa jawaranya jajanan satu ini pada zamannya.

Jajanan pasar khas Betawi, yang diguyur santan dan kinca. Belum lagi, jika di atasnya bertabur es serut yang dilumuri sirop berbagai warna. Betawi memang punya banyak cerita, bahkan jajanan yang mulai langka ini patut dicoba.

Di Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, hanya ada tiga pedagang es Selendang Mayang yang ditemui Liputan6.com. Mereka berdagang dengan dua bakul yang dipikul. Tampilan pedagangnya serupa dengan penjual kerak telor, berpeci, baju batik dan handuk kecil di leher.

Harga terjangkau, segar, manis dan kenyal saat potongan adonan sagu dengan beras yang diaduk sedemikian rupa, hingga lumat di mulut.

Minuman lawas ini tak terlalu mahal, cukup Rp 5.000 per gelas Anda sudah bisa menikmati minuman segar ini. Namun ada juga yang menyajikan dalam mangkok.

"Ada yang pakai piring juga, pakai ini (gelas plastik) biar praktis aja," ujar Jamal kepada Liputan6.com di Kota Tua.

Jika dilihat sekilas, isian es Selendang Mayang hampir serupa dengan bubur sumsum, ongol-ongol, dan cendol, hanya beda potongan.

Es Selendang Mayang dipotong kotak-kotak, selebihnya dibulatkan hingga dibentuk bulat memanjang seperti cendol. Dari segi bahan, mereka memang mirip, karena sama-sama menggunakan tepung beras dan tepung sagu.

Jika tak sempat membeli, dan ingin mencoba membuat es Selandang Mayang ala Anda sendiri, bolehlah dicoba. Persiapkan bahannya, mari memasak penganan berbuka.

Membuat Selendang Mayang, tidaklah terlalu sulit cukup mudah dan sederhana. Untuk bahannya terdiri dari tepung sagu, tepung beras, garam, daun pandan suji ini untuk memberi warna alami, gula merah dan air.

Untuk siraman dan lumuran siropnya, bisa Anda kreasikan sendiri dengan kinca, santan atau sirop Marjan.

Semua bahan-bahan yang ada dicampur dan diaduk sampai tepung larut. Sambil terus diaduk sampai adonan menggumpal dan matang, taburi pandan yang telah diiris tapi bisa juga diberi pewarna makanan.

Adonan diangkat lalu dituang dalam wadah dan didinginkan. Setelah dingin, Selendang Mayang bisa dipotong kecil-kecil sesuai selera, taruh di dalam gelas, atau mangkuk kecil. Siramilah dengan santan, kinca, sirop atau lumuran cream, ditambah es batu atau es serutan. Kini siap disajikan sebagai pelepas dahaga.

Artikel Selanjutnya
Es Dawet Hijau Banjarnegara, Penghilang Dahaga Saat Mudik Lebaran
Artikel Selanjutnya
Intip Tradisi Muslim India Saat Rayakan Idul Fitri 2017