Sukses

3 Aplikasi Alquran Pelengkap Ibadah Puasa Selama Ramadan

Liputan6.com, Jakarta Membaca Alquran kini dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun dengan menggunakan aplikasi Alquran yang bisa diunduh ke smartphone.

Apalagi saat bulan Ramadan, aplikasi Alquran pastinya bakal memberikan manfaat kepada pembacanya yang ingin meningkatkan amalan.

Berikut ini Liputan6.com rangkum jajaran aplikasi Alquran yang tersedia di toko aplikasi dan bisa dimanfaatkan untuk mengisi waktu kamu di bulan nan suci. Apa saja?

1. MyQuran Alquran Indonesia 

Aplikasi ini bisa diunduh di toko aplikasi AppStore, Google Play Store, Windows Phone Store, dan BlackBerry App World.

Salah satu kelebihan dari ayat-ayat Alquran yang disajikan di aplikasi ini adalah tulisan arab Alquran tidak diambil dari internet, melainkan sesuai versi cetak di Indonesia dan sudah bersertifikasi TASHIH (diperiksa) oleh Kementerian Agama RI.

Selain itu pada aplikasi buatan anak bangsa ini terdapat beberapa fitur, di antara teks Alquran sepanjang 30 juz pada Android digital offline yang bisa diunduh gratis. Mengusung desain sederhana, aplikasi ini juga punya fitur menyimpan surat terakhir yang sudah dibaca.

MyQuran Al Quran Indonesia (Screenshoot).
Tak hanya itu, Alquran ini juga menghadirkan fitur terjemahan dalam bahasa Indonesia. Jika kamu ingin mendengarkan suara murotal, aplikasi ini juga menyediakannya dengan berbagai pilihan pembaca ayat Alquran (qori). Caranya, pengguna hanya perlu mengunduh file MP3 kemudian mengklik play untuk memainkannya.

Sebagai tambahan, aplikasi ini juga diberi tambahan alarm untuk salat lima waktu dan 99 Asmaul Husna.

2. Alquran Bahasa Indonesia

Melalui aplikasi Alquran Bahasa Indonesia ini, pengguna bisa membaca Alquran dengan terjemahan Bahasa Indonesia, sehingga memudahkan pemahaman ayat-ayat yang telah dibaca.

Alquran Bahasa Indonesia memiliki sejumlah fitur yang juga memudahkan pembaca, di antaranya membaca dari ayat terakhir yang telah dibaca hanya dengan satu klik. Selanjutnya, pengguna juga bisa memutar bacaan Alquran dari audio yang dapat diunduh secara gratis.

Alquran Bahasa Indonesia (Screenshoot).
Tak hanya itu, seluruh bacaan yang sudah dibaca juga bisa dimasukkan ke bookmarks untuk disimpan dan dilanjutkan atau dibagikan ke media sosial.

Aplikasi ini juga menghadirkan fitur khusus versi profesional dengan fitur-fitur seperti baca Alquran dengan mode lanskap dan potret, tak ada iklan, unduh semua bacaan dengan satu klik, dan lain-lain.

3. Alquran dan Terjemahan Indonesia

Sesuai namanya, aplikasi Alquran ini memungkinkan pengguna untuk menerjemahkan bacaan Alquran. Selain itu keunggulan aplikasi ini adalah tulisan Arab yang jelas sehingga memudahkan untuk dibaca.

Pengguna pun bisa menggunakan sejumlah fitur seperti search untuk mencari ayat yang hendak dibaca dengan cara mengetikkan angka atau huruf atau kata dan kalimat.

Alquran dan Terjemahan Indonesia (Screenshoot)
Bukan hanya itu, aplikasi ini sangat ringan sehingga mempermudah kinerjanya. Aplikasi ini juga bekerja offline sehingga bisa berjalan tanpa adanya koneksi internet.

(Tin/Isk)

Artikel Selanjutnya
Jadwal Buka Puasa dan Imsak di 20 Kota pada Sabtu 24 Juni 2017
Artikel Selanjutnya
Ini Kebiasaan Favorit Rossa Saat Ramadan