Sukses

Sampah Rutin di Masjid Istiqlal Usai Salat Id

Liputan6.com, Jakarta - Seperti tahun-tahun sebelumnya, sampah berserakan usai salat Id. Tak jua berubah, masyarakat yang membuang sampah sembarangan juga tak jera.

"Gini terus tiap tahun, Mas," ujar Kahar (50) seorang petugas kebersihan kepada Liputan6.com di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (6/7/2016).

Sampah kotak nasi, bekas makanan, kulit pisang dan plastik serta kantong kresek yang bertebaran sangat banyak. Sampah plastik itu bekas tempat sandal dan sepatu para jamaah.

Puluhan petugas kebersihan bergegas mengemasi sampah sesaat setelah jemaah meninggalkan masjid. Mereka menyisir semua lokasi Masjid Istiqlal dari jalan di depan hingga pelataran.

Petugas kebersihan ini bergegas membersihkan sampah, karena jadwal tugas mereka hanya sampai siang saja.

"Kan mau Lebaran sama keluarga juga, Mas. Kalau lama-lama kerjanya, kapan mau Lebaran?" ujar Kahar.

Puluhan sampah plastik berserakan usai pelaksanaan salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (6/7). Sampah-sampah plastik bekas bungkus sepatu jemaah saat salat Id dibuang begitu saja di halaman masjid. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tempat sampah di sekitar lokasi memang tak ditemukan. Masyarakat pun membuang sampahnya begitu saja.

"Mau dibuang di mana emangnya? Kan ada petugas juga," ucap seorang gadis yang membuang sampah plastik bekas tempat sepatunya.

Berkat kerja cekatan para petugas, tak butuh waktu lama, pukul 10.40 WIB, kawasan Masjid Istiqlal sudah bersih dari sampah.

Artikel Selanjutnya
Masjid Istiqlal Bagikan Daging Hewan Kurban Malam Ini
Artikel Selanjutnya
Penerimaan Menurun, Istiqlal Hanya Bagikan 4 Ribu Daging Kurban