Sukses

Tiket Kereta untuk Arus Balik dari Surabaya Sudah Ludes Terjual

Liputan6.com, Surabaya - Pemudik yang menggunakan moda transportasi kereta api dari beberapa daerah menuju stasiun pemberhentian Surabaya masih mengalir hingga hari pertama Lebaran. Namun puncak arus mudik menggunakan kereta api ini pada H-3 atau pada Sabtu lalu. Sedangkan untuk arus balik diperkirakan mulai ramai pada H+1 Lebaran.

Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto menjelaskan, pada H-3 Lebaran, jumlah penumpang kereta yang turun di stasiun Surabaya mencapai 35 ribu penumpang. Pada hari itu merupakan puncak dari kedatangan penumpang ke wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya. "Trend penumpang yang datang cukup ramai sampai dengan H Lebaran pertama," kata Suprapto kepada Liputan6.com, Rabu (6/7/2016).

Penumpang yang paling banyak berasal dari Jakarta, Bandung dan Jogyakarta. Tren kedatangan penumpang di KAI Daop 8 Surabaya ini mulai terlihat melonjak signifikan sejak 1 juli 2016. Secara rinci data jumlah penumpang harian sejak 1 juli 2016 pada H-5 mencapai 29,3 ribu penumpang.

Pada H-4 Lebaran meningkat hingga 31,7 ribu penumpang. Selanjutnya pada H-3 Lebaran tercatat 30,912 penumpang. Untuk H-2 Lebaran Idul Fitri tepatnya tanggal 4 Juli 2016 tercatat 31.054 penumpang dan menginjak H- 1 Lebaran idul fitri mencapai angka 35 ribu penumpang.

Suprapto menuturkan jumlah penumpang tersebut berasal dari angkutan ka ekonomi lokal dengan porsi 48 persen, kereta ekonomi jarak jauh dengan porsi 29 persen, diikuti penumpang kereta api eksekutif  dengan porsi 13 persen dan kereta api bisnis dengan porsi 10 persen.

Sedangkan untuk arus balik, lonjakan penumpang kereta Api jarak jauh khususnya Kereta Api komersial diperkirakan akan mengalami kenaikan pada 8 Juli.

"H+1 sampai dengan 14 Juli 2016 atau tepatnya H+6 dimana tiket perjalanan Kereta Api dari Surabaya tujuan Jakarta dan Surabaya tujuan Bandung sudah terjual habis," kata Suprapto.

Sementara itu berdasarkan peringkat 5 besar dari 52 stasiun yang ada di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya, menurut jumlah penumpang yang naik, berdasarkan pada tanggal 5 juli 2016 dengan jumlah total 35.298 penumpang, diantaranya :

Suprapto melanjutkan, tiket arus balik untuk posisi setelah Lebaran dari H+1 hingga H+6 Kereta Api Surabaya dan Malang tujuan relasi Jakarta dan Surabaya dan Malang tujuan ke Bandung telah habis terjual.

 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

Artikel Selanjutnya
Polri: Arus Balik Sudah Terlihat, tapi Intensitasnya Rendah
Artikel Selanjutnya
Intip Tradisi Muslim India Saat Rayakan Idul Fitri 2017