Sukses

KAI Fasilitasi Pengiriman Motor Gratis ke Jakarta dari 3 Kota Ini

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (KAI) masih membuka layanan angkut motor gratis (motis) untuk arus balik. Hal ini lantaran kuota untuk motis melimpah jika dibandingkan dengan tahun kemarin.

"Tahun lalu kuota di Daop 6 hanya 800, tahun ini mencapai 3.500 motor," ujar Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta.

Layanan ini, kata dia, bisa dimanfaatkan pemudik di wilayah Yogyakarta, Solo, dan Klaten dengan tujuan Jakarta atau sebaliknya.

Baca Juga

Ia menjelaskan, di wilayah Daop 6, layanan motis bisa diakses di Stasiun Lempuyangan, Klaten, dan Solo Jebres. Layanan pengangkutan untuk arus balik dimulai pada 10-16 Juli. Namun pendaftaran sudah mulai bisa dilakukan.

"Layanan yang kami sediakan sekali angkut ada 7 gerbong dan satu gerbong bisa muat 58 motor," ucap Eko.

Menurut dia, kuota motis sengaja ditambah seiring dengan program Kementerian Perhubungan untuk memudahkan pemudik dan memberi kenyamanan selama di perjalanan.

Cara pendaftaran motis cukup mudah, yakni calon pemudik cukup mendatangi tiga stasiun yang dimaksud, memberikan fotokopi STNK dan SIM. Pastikan tangki kendaraan kosong dari bahan bakar minyak, serta menunjukkan tiket naik angkutan umum.

"Tidak harus naik kereta api, pemudik yang naik bus atau pesawat pun juga boleh," ucap Eko.