Sukses

5 Hal yang Akan Anda Rindukan dari Ramadan

Liputan6.com, Jakarta Ramadan telah berlalu, begitu juga dengan Idul Fitri. Setelah begitu terbiasa dengan rutinitas Ramadan selama 30 hari, ada beberapa hal yang tentunya akan Anda rindukan.

Fatimah Mazhar dari Carbonated.tv membuat lima daftar hal yang akan dirindukan umat Muslim dari bulan puasa dan Lebaran. Berikut daftarnya, dilansir dari laman Daily-sun, Jumat (8/7/2016):

1. Acara kumpul keluarga (mudik)

Menjelang Lebaran, umumnya orang berbondong-bondong mudik ke kampung halaman untuk berkumpul bersama sanak-saudara. Mudik jadi kesempatan untuk rehat sejenak dari rutinitas dan berinteraksi dengan keluarga di rumah. Kumpul dengan keluarga mendatangkan banyak manfaat kesehatan, salah satunya melepaskan stres dari kegiatan sehari-hari.

2. Beribadah

Selepas Ramadan, biasanya kita cenderung kembali lalai akan kewajiban solat. Padahal selama bulan puasa kita berusaha solat tepat waktu dan membaca Al-Quran. Tak jarang ibadah malam pun terlewat selepas Ramadan. Beribadah memang terasa berkali lipat lebih nikmat selama Ramadan. Hal itu tentunya akan Anda rindukan.

3. Jadwal tidur selama Ramadan

Jadwal tidur kita memang berubah selama puasa karena ada harus bangun untuk makan sahur dan solat malam. Perubahan jam tidur ini memberi kesan tersendiri bagi beberapa orang.

4. Jam kerja

Tak hanya jadwal tidur yang berubah. Jam kerja pun biasanya menjadi lebih singkat saat bulan puasa. Tentu Anda akan merindukan jam kerja singkat ketika harus kembali ke jadwal kerja normal, bukan?

5. Sajian Ramadan dan Lebaran

Ya, salah satu hal yang paling dirindukan tentunya adalah sajian khas Ramadan dan Lebaran. Terbayang lezatnya kolak, es buah, opor ayam, ketupat, sambal goreng, dan kawan-kawannya. Makanan-makanan tersebut bukannya tak bisa ditemukan selain pada saat Lebaran, tapi tentu sensasinya berbeda jika disantap saat Ramadan dan Lebaran.

Artikel Selanjutnya
Ayo Terapkan, Tata Cara Makan Seperti Nabi Muhammad SAW
Artikel Selanjutnya
Intip Tradisi Muslim India Saat Rayakan Idul Fitri 2017