Sukses

Saatnya Bersih-bersih Interior Mobil

Liputan6.com, Jakarta - Lebaran telah usai, sebagian besar perantau sudah kembali dari kampung halamannya untuk melanjutkan aktivitasnya di kota asal. Banyak dari pemudik menggunakan mobil pribadi saat menuju kampung halaman. Melakukan perjalanan dalam waktu tempuh cukup lama seperti mudik lebaran bisa berdampak kurang baik terhadap kenyamanan interior mobil.

Banyaknya aktivitas yang dilakukan di mobil sepanjang perjalanan dapat menimbulkan bau tidak sedap. Tumpahan makanan dan minuman serta kotoran yang lama menempel pada jok mobil memicu timbulnya bau pada interior.

Untuk itu, segeralah usir bau dari interior mobil. Sebab, bau yang tidak sedap bisa saja membuat mual dan pusing.

Beberapa di antara Anda mungkin masih malas keluar rumah untuk perawatan mobil usai mudik. Bagi anda yang malas keluar rumah untuk melakukan perawatan mobil, berikut ini jurus usir bau dari kabin mobil yang berhasil dihimpun Liputan6.com:

1. Bersihkan jok

Secara garis besar, jok mobil terdiri dari dua bahan yang berbeda yaitu beludru atau fabric serta kulit baik itu kulit alami atau sintetis. Tentu, langkah membersihkannya juga berbeda antara beludru dengan kulit.

a. Jok Beludru/Fabric

Untuk kulit jok berbahan beludru atau fabric (jenis kain), langkah pertama yang dilakukan adalah melepas terlebih dahulu jok untuk memudahkan pembersihan. Jika sulit, pengerjaan ini sebaiknya dilakukan dengan membuka seluruh pintu mobil.

Langkah selanjunya yaitu menyedot debu di seluruh permukaan hingga sela-sela jok menggunakan vacuum cleaner. Setelah itu semprotkan cairan pembersih berupa busa ke permukaan yang akan dibersihkan dan kemudian sikatlah bagian tersebut satu arah dan lakukan per bagian hingga kotoran bersih.

Setelah disikat, usap permukaan jok dengan lap bersih untuk menghilangkan sisa cairan. Langkah terakhir adalah menjemur jok saat cuaca cerah baik dengan cara dilepas atau membuka seluruh pintu mobil jika kesulitan melepas jok.

b. Jok Kulit

Tidak seperti jok berbahan beludru yang butuh banyak proses saat dibersihkan, jok dengan pembungkus berbahan kulit lebih mudah dibersihkan.

Langkah pertama yaitu membersihkan jok dari debu yang menempel, untuk menjangkau hingga ke sudut yang sulit sebaiknya gunakan vacuum cleaner. Usai menyedot debu, lanjutkan dengan mengelap permukaan jok dengan lap plas chamois (kanebo) dalam kondisi yang agak basah.

Jika mendapati noda yang sulit hilang pada jok, gunakan cairan pembersih jok yang banyak tersedia di toko aksesori ataupun supermarket. Usahakan langsung disikat setelah jok disemprot untuk menghindari cairan pembersih mengering. Langkah menyikatnya pun sama seperti jok beludru, yaitu digosok searah tanpa perlu ditekan dengan kuat.

Usai disikat, bersihkan kembali sisa cairan pembersih yang menempel menggunakan lap plas chamois yang agak basah dengan searah. Jok pun kembali bersih dan bisa langsung digunakan tanpa perlu dijemur seperti jok beludru.

1 dari 2 halaman

Next

2. Bersihkan segala sampah

Perjalanan yang cukup jauh membuat segala aktivitas dilakukan di dalam mobil seperti ngemil, makan, minum, hingga merokok. Aktivitas seperti ini menyisakan banyak sampah bungkus yang kadang tidak tertampung di bak sampah di dalam mobil.

Untuk itu, buang semua sampah dari dalam mobil. Pastikan tidak ada barang atau sampah yang tertinggal di dalam laci dashboard atau di bawah karpet mobil.

3. Bersihkan karpet

Sisa kotoran yang berupa tumpahan makanan dan minuman ataupun kotoran dari alas kaki yang menempel pada karpet mobil dalam waktu yang cukup lama bisa menimbulkan bau yang tidak sedap pada mobil. Untuk itu, Anda sebaiknya membersihkan karpet mobil dari kotoran yang hadir sepanjang perjalanan mudik.

Untuk karpet berbahan karet, Anda dapat mencucinya dengan cara disemprot air dan menyikatnya dengan sabun. Setelah dibilas dengan air bersih, jemur karpet hingga tidak ada sisa air.

4. Buka seluruh pintu dan jendela

Setelah membersihkan karpet ataupun jok mobil, jangan terburu-buru menutup mobil Anda. Buka seluruh pintu dan kaca mobil selama 5-10 menit agar sirkulasi udara di dalamnya lancar dan membuang sisa-sisa aroma tak sedap.

Jika masih tercium aroma tak sedap meskipun Anda yakin sudah membersihkan seluruh interior, Anda dapat menuangkan bubuk kopi pada suatu wadah yang ditempatkan di beberapa bagian mobil yang masih menghasilkan aroma tak sedap. Agar aroma semakin segar, Anda dapat memanfaatkan potongan jeruk nipis.

Biarkan kedua benda ini berada dalam mobil selama kurang lebih 24 jam. Kedua benda ini berfungsi menyerap bau tidak sedap sehingga membuat bau dalam interior berangsur-angsur akan hilang.

(ysp/ian)

Artikel Selanjutnya
Cara Akali Olahraga Saat Mudik Lebaran
Artikel Selanjutnya
Terapi Ikan Ringankan Penat Pemudik di Jalur Alternatif Garut