Sukses

Cek 8 Komponen Mobil Setelah Dipakai Mudik

Liputan6.com, Jakarta Libur lebaran hampir selesai. Ada yang masih di jalur mudik, tapi ada pula yang telah selamat sampai tujuan.

Ada satu pekerjaan lain yang harus dilakukan pemudik yang pulang kampung menggunakan kendaraan pribadi, setelah sampai rumah. Pekerjaan tersebut adalah mengecek beberapa komponen vital pada kendaraan mereka.

Ini penting karena kendaraan telah melalui perjalanan jauh. Tentu komponen ini bekerja keras selama dalam perjalanan. Pengecekan juga dilakukan agar kendaraan tetap prima saat digunakan kembali untuk mobilitas sehari-hari.

Apa saja komponen tersebut? Berikut ulasannya:

Oli dan transmisi

Komponen pertama yang harus dicek adalah oli dan transmisi. Apakah keduanya masih layak pakai? Jika tidak, maka segera ganti. Oli gardan dan oli transmisi itu harus diganti jika mobil telah menempuh jarak lebih dari 20 ribu kilometer.

Radiator

Jangan lupa cek ketinggian air radiator setelah perjalanan jauh. Apakah masih sesuai standar, atau tidak. Jika mobil yang digunakan sudah uzur, baiknya kuras airnya. Radiator sendiri adalah komponen yang digunakan untuk memindahkan energi panas dari satu medium ke medium lainnya.

Aki

Komponen selanjutnya adalah aki. Pastikan rumah aki tidak kekurangan atau kelebihan air. Cek pula kekencangan terminal dan kualitas air aki. Untuk diketahui, aki yang baik adalah jika volt meter menunjukkan angka 12 sampai 13 volt saat mesin mati.

Rem

Komponen wajib cek selanjutnya adalah rem. Tentu komponen yang satu ini tak perlu dijelaskan lagi fungsinya dalam sebuah kendaraan. Coba periksa ketebalan kampas serta minyak rem. Lihat pula apakah ada indikasi kebocoran atau tidak. Kalau iya, maka komponennya harus diganti.

1 dari 2 halaman

Lampu

Lampu

Komponen wajib periksa lainnya adalah lampu. Pasalnya, perjalanan mudik menempuh waktu yang panjang, tak terkecuali di malam hari. Dalam hal ini, pastikan lampu berfungsi dengan baik. Periksalah lampu utama, lampu kabut, atau lampu sein.

Ban

Perjalanan jauh seperti mudik membut ban aus. Karenanya, periksa juga komponen ini. Pastikan juga tekanan anginnya. Pengecekan ini berlaku juga pada ban cadangan. Ingat, ban yang baik dapat membantu pengendalian mobil agar maksimal.

AC

Saat mudik, komponen ini berguna agar perjalanan tetap nyaman. Karena bekerja cukup lama, periksa juga komponen ini setelah sampai rumah. Apa yang harus diperhatikan pada AC adalah kinerja kompresor dan magnetic clutch. Dua komponen ini rusak, maka kinerja AC tak akan maksimal.

Kebersihan

Inilah hal terakhir yang harus diperiksa. Selama perjalanan, pasti banyak sampah tersimpan di dalam mobil. Jika dibiarkan maka bau tak sedap akan datang. Maka, segeralah bersihkan kabin dari segala sampah, hilangkan debu dengan penyedot, lalu terakhir gunakan pengharum agar mobil kembali nyaman.

Artikel Selanjutnya
8 Komponen Mobil yang Wajib Diperiksa Seusai Mudik
Artikel Selanjutnya
Rahasia Cerdik Mobil Tetap Bersih Saat Mudik