Sukses

Tahun Ini Program Mudik Motor Gratis Kemenhub Kurang Peminat

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat penyelenggaraan mudik gratis tahun ini tidak sesuai kuota yang tersedia. Kuota mudik motor gratis yang diselenggarakan Kemenhub‎ mencapai 8.400 motor pada 2016.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Pudji Hartanto Iskandar mencatat dari kuota yang disediakan itu yang digunakan masyarakat hanya 3.551 motor atau sekitar 42 persen.

"Tentu ini menjadi Pekerjaan Rumah (PR) kita ke depan, bagaimana cara memenuhi target ini‎, pasti sosialisasi kurang atau bagaimana, kita akan tingkatkan lagi tahun depan," kata Pudji di kantornya.

‎Sementara dari total jumlah penumpang yang disediakan untuk mudik gratis menggunakan bus sebesar 16.800 kursi. Namun sesuai realisasi yang dicapai hanya sekitar 12 ribu, atau sekitar 77 persen.

Pudji menjelaskan, kuota mudik gratis tahun ini empat kali lipat dari tahun sebelumnya dengan biaya mencapai Rp 20 miliar. Namun begitu, pihaknya bersyukur, dalam penyelenggaraan mudik gratis tahun ini tidak ada satu bus pun yang mengalami kecelakaan selama perjalanan.

Tidak ada kecelakaan ini, Pudji menuturkan berkat persiapan operasi angkutan Lebaran tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Setiap bus yang digunakan untuk angkutan mudik, seluruhnya dilakukan pengecekan kelayakan jalan.

"Dengan begitu kita akan berikan apresiasi kepada operator bus yang bekerjasama dengan kita, setidaknya ada 11 perusahaan," ujar dia.

Artikel Selanjutnya
Kemenhub: Pemudik Pesawat Naik 12 Persen Dibanding Tahun Lalu
Artikel Selanjutnya
Kemenhub Buka Pengangkutan Motor Gratis Arus Balik, Ini Syaratnya