Sukses

Simak, 5 Benda Peninggalan Nabi Muhammad SAW

Liputan6.com, Jakarta Nabi Muhammad SAW merupakan tauladan. Beliau menjadi nabi terakhir yang diutus Allah SWT untuk menyebarkan Agama Islam.

Mempelajari sosok Nabi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya lewat benda peninggalan beliau. Berikut 5 benda peninggalan nabi, mengutip Bintang.com. Apa saja?

5. Gigi dan rambut

Dua gigi yang diduga milik Nabi Muhammad ditemukan di Gunung Uhud. Ini merupakan bagian dari 4 gigi nabi yang tanggal dan tertinggal saat Perang Uhud.

Kemudian ada helai janggut dan rambut Rasulullah. Benda tersebut kini tersimpan di sebuah Museum di Turki.

4. Jubah dan sandal

Jubah dan sandal Nabi Muhammad terpajang di museum di Turki. Jubah panjang tersimpan dalam sebuah kotak kaca yang memiliki pengaturan suhu agar tetap terjaga kelestariannya.

Konon jubah ini diberikan Nabi ke Uwaish Alkharani karena iba yang malu bertemu karena merasa kaum kecil. Sandal nabi juga terpajang di museum yang sama.

3. Kumpulan surat

Peninggalan berupa kumpulan surat yang ditujukan ke pemimpin dunia untuk memeluk Agama Islam. Terdapat 43 surat, yang salah satunya ditujukan ke Uskup terpandang di Romawi yakni Dhugathir.

Usai membaca surat Nabi, Dhugathir meninggalkan keuskupan dan menyatakan masuk Islam hingga tewas diserang karena pilihannya.

2. Pohon tua sahabi

Berbeda dari peninggalan berbentuk barang, pohon ini menjadi saksi pertemuan Nabi dengan Pendeta Bahira, yang meramalkan tentang nabi terakhir.

Kisah Bahira bertemu Nabi saat umur 9 atau 12 tahun. Dia takjub saat melihat Nabi menjaga unta dan cabang pohon merunduk melindunginya

1. Pedang

Sembilan pedang yang dipakai untuk berdakwah dan perang masih tersimpan. Pedang ini masing-masing memiliki nama.

Ingin tahu cerita lengkapnya, simak dalam video berikut:

 





 

Artikel Selanjutnya
Jelang Puncak Haji, Ini Pesan Khatib Masjidil Haram
Artikel Selanjutnya
Hari Kemerdekaan RI ke-72, Merah Putih Berkibar di Gua Hira Mekah