Sukses

5 Manfaat Sedekah bagi yang Sering Melakukannya

Liputan6.com, Jakarta - Sodaqoh, atau yang dalam bahasa Indonesia disebut sedekah, memang memiliki banyak manfaat, di antaranya menghapus dosa, menyucikan harta dan meningkatkan hubungan sosial bagi sesama manusia. Namun, tahukah kamu bahwa sedekah memiliki banyak manfaat yang lainnya?

1. Allah Mengganti Harta yang Disedekahkan

Banyak di antara manusia yang takut miskin apabila gemar menyedekahkan hartanya. Padahal, Allah menjanjikan balasan yang berlipat ganda bagi orang yang bersedekah.

Allah berfirman dalam surat Saba ayat 39 bahwa Allah akan mengganti sedekah yang kita keluarkan, "Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya."

2. Sedekah Membuka Pintu Rezeki

Rasulullah bersabda dalam hadis riwayat Baihaqi, "Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah."

Diriwayatkan pula dalam hadis riwayat Muslim, "Hai anak Adam, infaklah (nafkahkanlah hartamu), niscaya Aku memberikan nafkah kepadamu."

3. Sedekah Melipatgandakan Rezeki

Allah berfirman dalam Surat Al-Baqarah Ayat 261, "Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui."

4. Sedekah Memperpanjang Warisan

Dalam Hadis riwayat Ahmad Rasulullah bersabda, "Tidaklah seorang yang bersedekah dengan baik kecuali Allah memelihara kelangsungan warisannya."

5. Sedekah Sebagai Naungan di Hari Kiamat

Diriwayatkan dalam hadis riwayat Ahamad, Rasulullah bersabda, "Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya."

Dengan banyaknya keuntungan yang didapatkan melalui sedekah, umat Islam dianjurkan untuk gemar bersedekah apalagi di bulan Ramadan ini.

Artikel Selanjutnya
12 Cara Sederhana agar Bahagia di Tempat Kerja
Artikel Selanjutnya
Kenapa Banyak Miliarder Hobi Hamburkan Uang untuk Beramal?