Sukses

Remaja Sleman Sulap Masjid Jadi Mirip Stasiun Kereta Api

Liputan6.com, Sleman - Untuk menyemarakkan bulan suci Ramadan 1438 Hijriyah, berbagai kreasi dilakukan di sejumlah masjid di tanah air. Di Patukan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, para remaja masjid mendekorasi ulang Masjid Al Ikhlas bergaya mirip stasiun kereta api.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (29/5/2017), hiasan-hiasan yang dipasang di masjid, seperti gapura stasiun, ruang peron, jadwal keberangkatan, papan pengumuman stasiun dan sebagainya, membuat jamaah seakan-akan memang berada di sebuah stasiun kereta api.

Istilah unik juga dipakai untuk menyebut kegiatan yang mereka gelar. Seperti Peron yang merupakan singkatan dari Pasar Sore Ramadan, Gerbong atau Gerakan Orang Beramai-ramai Ngaji, Sinyal atau Sareng Nyinau Alquran, Masinis atau Mabit Santri Al Ikhlas, dan Loket atau Lomba Keterampilan Santri.

Tema stasiun sengaja diambil, karena nama Dusun Patukan memang selama ini diidentikkan masyarakat dengan stasiun. Berbeda dari masjid pada umumnya, untuk menarik minat jemaah, mereka pun mengemas kegiatan Ramadan bertema stasiun.

Satu lagi, saat ada pengumuman dari masjid, suara bergema mirip dari sebuah stasiun kereta Api yang akan segera memberangkatkan rangkaian gerbong.