Sukses

Ini Hadis Tentang Hikmah Bersedekah

Liputan6.com, Jakarta - Begitu banyak kisah di dalam hadis yang menggambarkan hikmah dari bersedekah. Berikut ini dua kisah dari hadis yang kami rangkum untuk anda.

1. Awan Menghujani Kebun Fulan

Diriwayatkan dalam Hadis riwayat Muslim, Nabi berkata, "Suatu saat ada seseorang sedang berjalan di sebuah padang yang luas tak berair, tiba-tiba dia mendengar suara dari awan, "Siramilah kebun si Fulan!" maka awan itu menepi (menuju ke tempat yang ditunjukkan) lalu mengguyurkan airnya di tanah bebatuan hitam.

Ternyata ada saluran air dari saluran-saluran itu yang telah penuh dengan air. Maka ia menelusuri air itu dan ada seorang laki-laki yang berada di kebunnya sedang mengarahkan air dengan cangkulnya. Kemudian dia bertanya, Wahai hamba Allah, siapakah nama anda? Dia menjawab, "Fulan." Sebuah nama yang didengar dari awan tadi.

Kemudian orang itu balik bertanya, "Mengapa Anda menanyakan namaku?" Dia menjawab, "Saya mendengar suara dari awan yang mengatakan "Siramilah kebun si Fulan, yaitu nama anda. Maka apakah yang telah Anda kerjakan dalam kebun ini?"

Dia menjawab, karena Anda telah mengatakan hal ini maka akan saya ceritakan bahwa saya membagi apa yang dihasilkan oleh kebun ini, sepertiganya saya sedekahkan, sepertiganya lagi saya makan bersama keluarga dan sepertiganya lagi saya kembalikan lagi ke kebun (ditanam kembali). "

2. Allah Menyediakan Pintu Surga Bagi Ahli Sedekah

Diriwayatkan dalam Hadis riwayat Bukhari dan Muslim, "Barang siapa yang berinfak dengan sepasang hartanya di jalan Allah maka ia akan dipanggil dari pintu-pintu surga, "Hai hamba Allah, inilah kebaikan." Maka orang yang termasuk golongan ahli shalat maka ia akan dipanggil dari pintu shalat.

Orang yang termasuk golongan ahli jihad akan dipanggil dari pintu jihad. Orang yang termasuk golongan ahli puasa akan dipanggil dari pintu Ar-Rayyan. Dan orang yang termasuk golongan ahli sedekah akan dipanggil dari pintu sedekah."

 

Artikel Selanjutnya
Makna Idul Adha di Mata Ketua DPR Setya Novanto
Artikel Selanjutnya
Sepotong Lirik Lagu ‘Tepuk Anak Soleh’ Picu Polemik di Banyumas