Sukses

Nabi-Nabi Ini Dianugerahi Allah SWT dengan Mukjizat

Liputan6.com, Jakarta - Menurut istilah atau menurut para ahli agama, mukjizat ialah keadaan-keadaan dan kejadian-kejadian yang menyalahi kebiasaan atau yang luar biasa yang dilakukan oleh seorang nabi atau rasul Allah ketika mendakwakan dirinya sebagai nabi atau rasul Allah.

K.H Moenawar Chalil dalam bukunya berjudul Kelengkapan Tarikh Nabi Muhammad menjelaskan bahwa mukjizat itu diberikan oleh Allah kepada orang-orang yang dipilih dan ditetapkan oleh-Nya menjadi Nabi dan Rasulnya, sejak mereka diangkat menjadi Nabi dan Rasul sampai mereka wafat, kecuali sebagian mukjizat Nabi Muhammad yang berlaku sampai akhir zaman.

Adapun tujuan dan manfaat diberikannya mukjizat kepada Nabi dan Rasul adalah untuk menguatkan seruan dan pendakwaan mereka sebagai Nabi dan Rasul Allah kepada umat mereka masing-masing, terutama kepada orang yang belum atau tidak percaya terhadap kenabian dan kerasulan mereka. Selain itu, juga untuk menebalkan kepercayaan dan meneguhkan keyakinan orang-orang yang telah percaya.

Beberapa mukjizat yang dimiliki para Nabi dan Rasul di antaranya:

1. Nabi Daud

Nabi Daud memiliki suara merdu sehingga makhluk lain pun ikut bertasbih bersamanya, sanggup berbicara dengan burung, dan berhasil mengalahkan.

2. Nabi Ibrahim

Nabi Ibrahim tidak hangus dibakar, karena api yang membakarnya berubah menjadi dingin.

3. Nabi Yusuf

Nabi Yusuf memiliki ketampanan luar biasa dan mampu menerjemahkan mimpi-mimpi.

4. Nabi Sulaiman

Nabi Sulaiman sanggup berbicara dalam bahasa hewan, menguasai bangsa jin, mampu menundukkan angin, memiliki permadani yang terbuat dari sutera hijau dengan benang emas dengan ukuran 60 mil panjang dan 60 mil lebar.

5. Nabi Isa

Nabi Isa memiliki kemampuan menyembuhkan orang buta, menyembuhkan penderita kusta dan menghidupkan orang mati.

6. Nabi Muhammad

Mukjizat Nabi Muhammad diantaranya peristiwa Isra dan Mi'raj, membelah bulan untuk membuktikan kenabiannya terhadap orang Yahudi, bertasbihnya kerikil di tangannya, batang kurma yang menangis, pemberitaan Muhammad tentang peristiwa-peristiwa masa depan ataupun masa lampau, tetapi mukjizat yang terbesar adalah Al-Qur’an.

Artikel Selanjutnya
Makna Idul Adha di Mata Ketua DPR Setya Novanto
Artikel Selanjutnya
Riwayat Hajar Aswad, Batu Surga yang Jadi Primadona Umat Muslim