Sukses

Kisah Gunung Berapi yang Berada di Dekat Makam Nabi Muhammad SAW

Liputan6.com, Jakarta - Arab Saudi memiliki 2.000 gunung berapi nonaktif selama ribuan tahun. Sepanjang sejarah ada 13 letusan utama lahar yang pernah terjadi.

Wilayah Madinah memiliki bagian terbesar dari sarang vulkanis. Letusan terakhir terjadi di Hijaz, sebelah tenggara Madinah pada 1256. Letusan itu dan aliran lahar mencapai 23 kilometer. Aliran lahar terpanjang berjarak 8 kilometer dari makam Nabi Muhammad SAW.

Melansir Al Arabiya, gunung itu bernama Al-Qadar. Gunung ini merupakan gunung vulkanis dengan ketinggian lebih dari 2.000 meter. Kawah Gunung al Qadar sangat dalam dan berongga besar.

"Mereka yang mendaki Gunung al Qadar akan melihat persebaran lava lebih dari 50 kilometer," tulis Al Arabiya.

Foto: Al Arabiya

Di dekat kawah Gunung al Qadar, pendaki akan menemukan kawah gunung berapi al Abyad. Kawah di sini memiliki warna yang aneh. Tak heran jika gunung berapi tersebut menjadi pusat geologi terkenal di wilayah ini.

Arab Saudi adalah tujuan utama para ahli geologi dengan gunung berapi yang besar dan menonjol. Di dekat wilayah Taif, ada salah satu kawah vulkanis terdalam di Arab Saudi. Kedalamannya mencapai 240 meter dengan diameter 2.500 meter.

Menurut profesor geologi di King Saud University, Dr. Abdulaziz bin Laaboun, kawah vulkanis di Arab Saudi termasuk di antara kawah terindah di dunia. Selain itu, Arab Saudi memiliki gunung berapi yang besar dengan formasi kawah yang unik.

(war)