Sukses

Sudah Bersedekah Tapi Tak Berpahala? Ini Sebabnya

Liputan6.com, Jakarta - Sedekah merupakan amalan yang baik karena dapat mendatangkan pahala dan juga berguna bagi sesama manusia dan alangkah baiknya apabila kita tidak memamerkan sedekah kita agar kita mendapatkan pahala sedekah.

Allah berfirman dalam Surat Al-Baqarah Ayat 262, "Orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, kemudian mereka tidak mengiringi apa yang dinafkahinya itu dengan menyebut-nyebut pemberiannya dan dengan tidak menyakiti (perasaan si penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan mereka."

Namun, pahala sedekah bisa hilang apabila orang yang bersedekah menyebut-menyebutkan sedekahnya apalagi sampai menyakiti perasaan orang lain.

Allah menegaskan firman-Nya mengenai orang yang pamer saat bersedekah dalam Surat Al Baqarah Ayat 264, "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian."

Selain itu, dijelaskan pula hal yang lebih baik dilakukan dibanding sedekah yang dipamerkan sehingga menyakiti perasaan orang lain.

Firman Allah dalam Surat Al-Baqarah Ayat 263, "Perkataan yang baik dan pemberian ma'af lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima). Allah Maha Kaya lagi Maha Penyantun."

Artikel Selanjutnya
Tuntutan Pegawai BNN Tewas ke Suami Cermin Masyarakat Konsumtif?
Artikel Selanjutnya
Andhika Pratama Minta Ussy Tak Terlalu Baik dengan Orang Asing