Sukses

Mengenal Sejarah Islam di Cordoba

Fokus, Spanyol Cantik dan megah. Itulah kata yang menggambarkan Mezquita de Cordoba. Prinsip kebersihan dan keteraturan dalam Islam dijadikan landasan dalam bangunan ini.

Melihat indahnya Mezquita ini menggambarkan betapa majunya peradaban Islam kala itu. Namun pada abad ke-12 kerajaan Katolik menguasai Cordoba dan mengalihfungsikan masjid menjadi katedral, yang hingga kini masih berfungsi.

Bukan hanya perpaduan arsitektur bangunan saja yang bisa kita lihat, namun beberapa tulisan Arab kuno dan kaligafi yang dipahat di atas batu dipamerkan di salah satu sudut ruangan di Mezquita de Cordoba ini. Kemegahan Mezquita ini tak bisa dipungkiri lagi. Sedikitnya Rp1,5 juta wisatawan dalam setahun datang ke Cordoba untuk melihat dari dekat peradaban Islam di masa lampau.

Seperti Hamid misalnya, turis asal Granada ini selalu menyempatkan datang ke Mezquita jika sedang berada di Cordoba. Mengunjungi Mezquita memberikan gambaran bagaimana kehidupan dan peradaban Islam pada masa lebih dari 1000 tahun lalu, saat di bawah Kekhalifahan Abdurrahman hingga Khalifah Al Manzor.

Untuk bisa menikmati keindahan bangunan peradaban kuno di jantung kota Cordoba ini, cukup membayar 8 euro atau sekitar Rp 120 ribu. Dan jika Anda ingin mengetahui bagaimana kerajaan Islam bisa berkuasa dikala itu, jadikan Cordoba tujuan wisata religi Anda untuk melihat dari dekat masa kejayaan dan kemajuan Islam.