Sukses

Keutamaan Membaca Alquran di Bulan Ramadan, Seperti Apa?

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu amalan yang banyak dikerjakan di bulan Ramadan yaitu tadarus Alquran. Rasulullah menjelaskan pahala membaca Alquran yang berlipat ganda bila dibaca di bulan Ramadan.

Rasulullah bersabda dalam Hadis riwayat Tirmidzi, "Barang siapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka baginya mendapat satu kebaikan, dan satu kebaikan tersebut dilipat-gandakan menjadi sepuluh kalinya."

Pahala membaca Alquran pun semakin bertambah apabila mampu membaca sebanyak 100 ayat. Sabda Rasulullah dalam Hadis riwayat Ahmad, "Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam, dituliskan baginya pahala shalat sepanjang malam."

Hadis tersebut menunjukkan betapa besarnya keutamaan membaca Alquran, apalagi bila dikerjakan di bulan Ramadhan yang merupakan bulan diturunkannya Alquran.

Selain itu, orang yang membaca Alquran akan mendapatkan syafaat di hari kiamat nanti. Sesuai Hadis riwayat Muslim, Nabi Muhammad bersabda, "Didatangkan pada hari kiamat (yaitu) Alquran dan para pembacanya yang mereka itu dahulu mengamalkannya di dunia, dengan didahului oleh Surat Al-Baqarah dan Surat Al-Imran yang membela pembaca kedua surat ini."

Artikel Selanjutnya
Cerita Lafaz Allah di Kening Bayi Tampan Cilacap
Artikel Selanjutnya
Masih Ingat, Ini Hal yang Kerap Dilakukan Saat Kecil Ketika Puasa