Sukses

Ini Balasan bagi Orang yang Tak Mau Bersedekah

Liputan6.com, Jakarta - Apakah di antara kita masih ada yang takut miskin apabila menyedekahkan harta kita? Jika masih ada, ingatlah firman Allah dalam Surat Al-Baqarah Ayat 268 yang berbunyi :

"Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir), sedang Allah menjanjikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui."

Kita juga diingatkan bahwa harta yang kita miliki merupakan cobaan dari Allah, apakah kita mampu amanah dalam menggunakannya.

Seperti firman Allah dalam Surat Al-Imran Ayat 186, "Kamu sungguh-sungguh akan diuji terhadap hartamu dan dirimu. Dan (juga) kamu sungguh-sungguh akan mendengar dari orang-orang yang diberi kitab sebelum kamu dan dari orang-orang yang menyekutukan Allah, gangguan yang banyak menyakitkan hati."

Selain itu, dalam Surat Al-Imran Ayat 180 digambarkan pula balasan bagi orang yang bakhil dengan harta yang dimiliki, "Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karunia-Nya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya, kebakhilan itu buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. Dan kepunyaan Allah lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan."

Artikel Selanjutnya
Bukan Hemat, Ini Tandanya Jika Anda Seorang yang Pelit
Artikel Selanjutnya
Hipnoterapi: Kangen Mama, Anak Mencuri