Sukses

Ini Tuntunan Cara Bersedekah Setiap Hari

Liputan6.com, Jakarta - Setiap umat Islam tentunya ingin berlomba-lomba meraih pahala di bulan suci Ramadan. Salah satu ibadah yang sangat mudah dilakukan adalah bersedekah karena setiap amalan kebaikan apapun akan dihitung sebagai amalan sedekah.

Seperti yang dikutip dari Hadis riwayat Bukhari, Nabi Muhammad bersabda, "Kullu ma'rufin shodaqoh", yang artinya setiap kebaikan adalah sedekah."

Berdasarkan hadis riwayat tersebut, manusia diberi kemudahan untuk bersedekah setiap waktu. Apalagi bulan Ramadan merupakan bulan penuh hidayah dan ampunan sehingga setiap pahala yang didapatkan akan dilipat gandakan oleh Allah.

Bersedekah setiap hari dapat dilakukan mulai dari kita bangun tidur. Dimulai dari menyapa anggota keluarga, tertib berlalu lintas agar tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain, menyingkirkan batu dari jalan, membantu orang tua menyeberang jalan, melakukan pekerjaan dengan baik di kantor, serta tidak merebut hak orang lain merupakan bentuk sedekah yang bisa dilakukan setiap hari.

Sabda Nabi Muhammad dalam Hadis riwayat Muslim, "Setiap muslim harus bershadaqah." Salah seorang sahabat bertanya, "Bagaimana pendapatmu, wahai Rasulullah, jika ia tidak mendapatkan (harta yang dapat disedekahkan)?" Rasulullah bersabda, "Bekerja dengan tangannya sendiri kemudian ia memanfaatkannya untuk dirinya dan bersedekah." Salah seorang sahabat bertanya, "Bagaimana jika ia tidak mampu, wahai Rasulullah?" Rasulullah bersabda, "Menolong orang yang membutuhkan lagi teraniaya." Salah seorang sahabat bertanya, "Bagaimana jika ia tidak mampu, wahai Rasulullah?" Beliau menjawab, "Mengajak pada yang ma’ruf atau kebaikan." Salah seorang sahabat bertanya, "Bagaimana jika ia tidak mampu, wahai Rasulullah?" Beliau menjawab, "Menahan diri dari perbuatan buruk, itu merupakan shadaqah."

Artikel Selanjutnya
Makna Idul Adha di Mata Ketua DPR Setya Novanto
Artikel Selanjutnya
Keutamaan dan Manfaat Puasa Sunah Arafah