Sukses

Korlantas Polri Akan Rilis Aplikasi Info Mudik Intan, Apa Itu?

Liputan6.com, Bogor - Korlantas Polri akan merilis sebuah aplikasi penyedia informasi mudik. Aplikasi tersebut dinamai Intan atau Intelegence Traffic Analisys.

Melalui aplikasi ini, pemudik bisa mendapat informasi mengenai letak stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), pos kesehatan, tempat istirahat, sampai tempat makan di jalur mudik di Pulau Jawa.

"Aplikasi ini memberi kenyamanan dan kemudahan masyarakat saat mudik," kata Kasubag Analisis Pengembangan Sistem Teknologi Korlantas Polri AKBP Ronal Rumondor di Cibinong, Bogor, Rabu 7 Juni 2017.

Ronal menuturkan, aplikasi ini untuk menambah kenyamanan memberi informasi bagi masyarakat yang mudik. Dari aplikasi berbasis Android tersebut, masyarakat bisa mengetahui lokasi terdekat SPBU, rest area maupun tempat makan, pos kesehatan, dan sebagainya.

"Masyarakat juga bisa menginformasikan jika melihat kecelakaan, aksi kriminalitas. Caranya cukup upload foto dan tulisan mengenai titik lokasi ke aplikasi bernama Intan ini," terang Ronal.

Tak hanya itu, polisi juga akan menginformasikan melalui aplikasi ini secara update jika ada titik jalur mudik yang mengalami kemacetan.

"Jika macet di titik tertentu, langsung kami informasikan dan dilakukan pengalihan arus lalu lintas," ucap Ronal.

Namun demikian, aplikasi ini masih dalam pengembangan Korlantas Polri bekerja sama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG). Rencananya, aplikasi ini baru akan diluncurkan 10 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri.

H-10 baru akan kami launching bersamaan dengan Peta Mudik 2017," ungkap Ronal.


Artikel Selanjutnya
Respons Kapolri soal Novel Baswedan Kecewa Pemeriksaan Penyidik
Artikel Selanjutnya
Kapolri: Pemeriksaan Novel Baswedan Kurang Maksimal