Sukses

Jangan Abaikan Minum Air Putih di Akhir Puasa Ramadan

Liputan6.com, Jakarta Ramadan akan segera berlalu. Mendekati akhir bulan puasa, sebagian dari kita cenderung abai terhadap asupan makanan dan minuman. Tak heran bila terkadang dehidrasi melanda. 

Minum air putih delapan gelas per hari kerap disarankan oleh para ahli kesehatan. Bila pada hari biasa hal ini mudah diterapkan, berbeda ketika Anda tengah puasa.

Agar terhindar dari dehidrasi, dr. Alberta Jesslyn Gunardi, dari Klikdokter.com, menyarankan untuk minum empat sampai lima gelas saat buka puasa atau sahur. 

"Minumlah segelas air putih sebelum dan sesudah makan saat berbuka dan sahur. Anda juga dapat minum satu atau dua gelas ketika makan. Sisanya dapat Anda minum sebelum tidur," tulis Alberta dikutip dari Klikdokter.com, Kamis (22/6/2017).

Selain itu, lanjut Alberta, Anda dapat menyiasatinya dengan konsumsi buah atau jus yang mengandung air. Sertakan juga menu makanan kuah seperti soto atau bakso.

Hindari mengonsumsi kopi, teh, dan soda yang mengandung kafein. Kafein justru dapat membuat Anda kehilangan cairan tubuh selama puasa

 

Artikel Selanjutnya
Masih Ingat, Ini Hal yang Kerap Dilakukan Saat Kecil Ketika Puasa
Artikel Selanjutnya
Jadwal Buka Puasa dan Imsak di 20 Kota pada Sabtu 24 Juni 2017