Sukses

Jangan Kalap, Kontrol Makanan Buka Puasa dengan 3 Aplikasi Ini

Liputan6.com, Jakarta - Buka puasa adalah salah satu momen yang sering membuat sebagian orang kalap saat makan. Akuilah, seringkali kita tak kuasa mengontrol diri saat hendak menyantap semua jenis makanan dalam waktu yang begitu singkat.

Tak heran, banyak orang justru mengalami peningkatan berat badan selama Ramadan berlangsung lantaran mengkonsumsi makanan dengan lemak dan kalori berlebih.

Sebenarnya, jika bisa dikontrol dengan baik, kenaikan berat badan tidak akan terjadi. Namun, jika sudah terlanjur terjadi, mau bagaimana lagi?

Solusinya, mau tak mau adalah memanfaatkan smartphone dengan mengunduh beberapa aplikasi pemantau kalori dan berat badan yang sangat membantu, Apa saja? Berikut daftarnya.

Calorie Counter - MyFitness Pal

Aplikasi ini sangat sederhana dan mudah digunakan. Calorie Counter memiliki daftar menu makanan beserta kalori yang cukup lengkap, sehingga penggunanya bisa mengetahui total kalori dalam asupan makanan sehari-hari.

Selain itu, kamu juga dapat menyusun target berat badan ideal yang diinginkan melalui aplikasi ini. Kamu bisa mengunduh Calorie Counter secara gratis di App Store dan Google Play Store.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

Healthy Recipes - By SparkRecipes

Jika kamu tetap ingin mengkonsumsi makanan enak, kamu bisa menggunakan panduan dari aplikasi ini.

Aplikasi yang digarap oleh Spark People Inc ini menyediakan berbagai resep masakan yang dapat menjadi menu kamu selama melaksanakan ibadah puasa.

Setiap resep yang ada di aplikasi ini dilengkapi dengan total kalori, lama waktu memasak yang dibutuhkan, dan kamu pun dapat menyimpannya ke dalam halaman Favorites. Kamu bisa mengunduhnya di App Store dan Google Play Store.

Fooducate Healthy Weight Loss

Kamu memiliki kesulitan memilih makanan yang akan dikonsumsi ketika berbelanja? Aplikasi ini jadi jawabannya. Lewat Fooducate Healthy Weight Loss, kamu dapat scan setiap kemasan makanan dan memutuskan mana yang cocok diambil untuk makanan berbuka puasa.

Dengan ini, kamu bisa lebih cermat saat memilih makanan yang siap diasup. Sama dengan aplikasi lainnya, Fooducate juga dapat melacak total kalori yang dikonsumsi dan kegiatan olahraga harian yang dilaksanakan.

Kamu bahkan juga dapat melihat jumlah kalori dengan fitur grafik waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk iOS dan Android.*

(Jek/Isk)

 

Artikel Selanjutnya
Jangan Abaikan Minum Air Putih di Akhir Puasa Ramadan
Artikel Selanjutnya
Pakai Aplikasi Ini buat Tahu Arah Kiblat Saat Mudik