Sukses

Kisah Qarun, Orang Terkaya yang Binasa karena Kesombongannya

Liputan6.com, Jakarta Setiap manusia memiliki rezeki masing-masing yang sudah ditentukan oleh Allah. Terkadang ada manusia yang diberi harta berkecukupan maupun kekurangan. Namun ada juga yang diberi harta yang berlebihan. Salah satunya adalah Qorun.

Dikisahkan dalam Surat Al-Qasash ayat 76, seorang hamba bernama Qorun yang merupakan kaum Nabi Musa. Dia dianugerahi harta yang melimpah oleh Allah, sampai-sampai kunci dari harta tersebut sungguh berat meskipun dibawa oleh orang yang kuat. Namun sayangnya, Qorun merupakan orang yang sombong, sehingga Allah memperingatkan kepada Qorun.

Allah berfirman selanjutnya pada ayat 77, "Carilah pada apa yang dianugerahkan padamu dari kebahagiaan akhirat dan janganlah kamu melupakan kebahagiaanmu karena kenikmatan dunia."

Qorun yang sombong menjawab, "Sesungguhnya aku diberi harta karena ilmu yang kumiliki." Tak hanya itu, kemudian Qorun pun menunjukkan kekayaannya dengan iring-iringan pawai. Melihat Qorun, orang-orang yang menghendaki kesenangan dunia berharap bisa kaya seperti dirinya.

Namun, orang-orang saleh justru berkata, "Celakalah bagimu, karena pahala Allah lebih baik bagi mereka yang beriman dan tidak diperoleh pahala kecuali bagi orang yang sabar."

Melihat Qorun yang sombong, akhirnya Allah menenggelamkan Qorun beserta hartanya ke dalam bumi. Tidak ada baginya suatu golongan apa pun yang bisa menolongnya dari azab Allah.

Kisah Qorun memberi kita pelajaran bahwa harta yang banyak belum tentu mampu membawa kita kepada keberkahan apabila tidak disyukuri dan dibayarkan zakat, justru bisa membawa kita kepada azab yang sangat pedih.

Artikel Selanjutnya
Jadi Ahli Waris, 3 Orang Ini Malah Tolak Kekayaan Berlimpah
Artikel Selanjutnya
5 Anak Orang Kaya yang Tinggalkan Harta demi Cinta