Sukses

Tradisi Bagi-Bagi Pakaian Saat Bulan Ramadan di Oman

Liputan6.com, Muscat - Saat bulan suci Ramadan telah dilalui, tentu hari kemenangan akan kita raih. Memasuki minggu kedua bulan suci Ramadan, anak-anak Oman dibuat gembira dengan tradisi Al Qaranqashouh.

Dikutip dari laman Times of Oman, Al Qaranqashouh adalah tradisi sosial yang selalu diselenggarakan di Oman tiap tahunnya. Acara ini diadakan pada malam pertengahan bulan suci Ramadan.

Segerombolan anak-anak akan keluar rumah setelah berbuka puasa dan mengunjungi rumah-rumah warga untuk menerima permen, koin, uang kertas dan kacang-kacangan.

Tradisi seperti ini tentu membuat anak-anak bergembira. Ini merupakan pesta bagi para bocah untuk mempersiapkan diri menyambut hari raya Idul Fitri.

Memiliki baju baru pun juga menjadi salah satu impian anak-anak dan mereka berharap para warga yang dikunjungi rumahnya dapat memberi baju baru untuk persiapan hari raya.

Hadiah yang diberikan kepada anak-anak sangat bervariasi. Setiap rumah berlomba-lomba untuk memberikan hal terbaik kepada anak-anak.

Banyak pejabat negeri yang merayakan Al Qaranqashouh untuk membuat anak-anak merasa bahagia. Selain itu nama Al Qaranqashouh juga dikenal dengan sebutan Qarge'an oleh negara-negara yang tergabung dalam dewan kerjasama teluk (GCC).

Al Qaranqashouh dinilai sangat berkontribusi pada peningkatan komunikasi sosial. Hal ini juga memungkinkan anak-anak untuk menerapkan perilaku baik dengan pergi bersama-sama. Kerja sama tim juga dinilai sangat membantu tumbuh kembang anak.

Berdasarkan informasi, tradisi Al Qaranqashouh sudah menjadi tradisi dari zaman kuno. Orang tua dan anak-anak ambil bagian dalam tradisi ini guna mempertahankan warisan leluhur.

Di Oman sendiri, beberapa lembaga sosial dan perusahaan komersil mulai berpartisipasi dalam tradisi Al Qaranqashouh dengan memberi makanan, mainan dan pakaian kepada anak-anak.

Anggota Dewan Kotapraja yakni Sheikh Salim bin Ali Al Na'ebi mengatakan, tradisi Al Qaranqashouh adalah acara sosial keagamaan yang dapat mengubah perkembangan sosial anal dari sisi sosial dan ekonomi.

 

Artikel Selanjutnya
Intip Tradisi Muslim India Saat Rayakan Idul Fitri 2017
Artikel Selanjutnya
5 Tradisi Bulan Syawal di Indonesia yang Fenomenal