Sukses

Kapolda Metro: Jalur Mudik Jakarta-Tangerang Tak Menghawatirkan

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan meninjau jalur mudik Jakarta-Tangerang. Peninjauan tersebut dilakukan dalam rangka persiapan arus mudik Lebaran 2017.

Tol Jakarta-Merak merupakan rute mudik yang kerap dilintasi oleh masyarakat yang hendak pulang kampung menuju wilayah Banten atau Sumatera.

Dalam pengecekan tersebut, Iriawan mengatakan bahwa Tol Jakarta-Merak tidak memiliki hambatan yang mengkhawatirkan bagi para pemudik.

"Secara analisa kami memang sebelum turun ke lapangan untuk mengecek, permasalahan di sini hampir dikatakan tidak ada," ujar Iriawan di dalam Tol Jakarta-Merak, Tangerang, Selasa 13 Juni 2017.

Iriawan menjelaskan, rute Jakarta-Tangerang tidak terlalu banyak dilintasi pemudik asal Ibu Kota. Pasalnya, masyarakat lebih banyak yang pulang kampung ke arah timur melalui Tol Jakarta-Cikampek.

"Yang pasti jalur ke arah Jabar, Jateng dan Jatim itu paling banyak, mungkin 90 persen ke arah Jawa. Sedangkan 10 persen ke arah Sumatera baik arah Lampung, Bengkulu, Jambi, Padang dan lainnya lewat jalur darat," ucap dia.

Potensi kemacetan di dalam Tol Jakarta-Merak disinyalisasi hanya akan terjadi di sekitar tempat peristirahatan atau rest area. Sebab, rest area merupakan satu-satunya lokasi istirahat pengguna jalan tol.

"Kemacetan biasanya menjelang Maghrib, karena rest area ini biasanya dipakai untuk saudara kita salat Maghrib," kata Iriawan.

Permasalahan ini, kata Iriawan, akan dibahas saat rapat koordinasi dengan para stakeholder lainnya. Pihaknya berusaha agar musim mudik tahun ini berjalan lancar dan masyarakat tidak terjebak dalam kemacetan parah.



Artikel Selanjutnya
Polri Perkirakan Penumpang di Merak Melonjak Malam Ini
Artikel Selanjutnya
Jurus Polri Amankan Mudik Idul Adha 2017