Sukses

Sebelum Mudik Naik Motor, Cek Bagian-Bagian Ini

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda motor kerap menjadi andalan bagi sebagian masyarakat Indonesia yang melakukan mudik Lebaran. Efisiensi dan lebih praktis menjadi alasan mereka.

Sebenarnya, melakukan perjalanan jauh menggunakan kendaraan roda dua seperti halnya mudik ini lebih berisiko. Terlebih lagi jika jumlah boncengan hingga barang yang dibawa berlebihan.

Tapi jika Anda sudah memantapkan diri untuk pulang kampung naik motor, sebaiknya perhatikan beberapa hal ini sebelum memulai perjalanan panjang tersebut.

Menurut Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong, Asep Suherman, jika ingin mudik menggunakan sepeda motor utamakan pengecekan dilakukan pada bagian-bagian yang memenuhi unsur safety.

"Seperti cek kondisi oli mesin, ban, pelek, rem, lampu-lampu. Pastikan itu semua berfungsi dengan baik," terang Herman kepada Liputan6.com.

Untuk pengecekan oli mesin dan bagian rem, meski terlihat mudah namun bagi Anda yang tak paham tak perlu memaksakan diri. Ada baiknya, mekanik bengkel yang melakukannya.

Jika tak mau melakukan pergantian karena kurang biaya, kata Herman, ada baiknya terlebih dahulu melakukan konsultasi di bengkel resmi.

Herman juga menyatakan, jika pengereman pada sepeda motor Anda menggunakan Anti-lock Braking System, maka tak perlu khawatir. Sebab, pengecekan rem ABS sama seperti rem pada umumnya.

"Bisa dicek kondisi fisik rem, termasuk ketebalan kampas rem, dan jarak main bebas remnya,” pungkasnya.

 

 

Simak video menarik di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Kemenhub Antisipasi Lonjakan Pemudik dari Pelabuhan Bakauheni
Artikel Selanjutnya
Arus Balik, Pemudik Lintasi Jabar Capai 1,2 Juta