Sukses

Jelang Libur Lebaran, Operator Maksimalkan Jaringan Lokasi Wisata

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel melakukan penguatan dan peningkatan kapasitas jaringan dalam rangka mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi selama periode mudik dan libur Lebaran 2017. 

Tak hanya optimalisasi jaringan di area kepadatan mudik, Telkomsel juga meningkatkan kualitas jaringan di sejumlah titik lokasi wisata yang ramai dikunjungi pelanggan Telkomsel saat libur Lebaran.

Sejumlah area yang akan ditingkatkan jaringannya antara lain rest area, bandara, terminal, stasiun, dan pelabuhan. Kemudian juga pusat perbelanjaan atau mal, taman rekreasi, obyek wisata alam, hingga tempat penginapan untuk berlibur. 

Menurut Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan, ada 527 titik wisata yang diidentifikasi dan diperkirakan akan mengalami lonjakan trafik telekomunikasi pada H-7 hingga H+7 Lebaran.

"Kualitas jaringan adalah prioritas utama Telkomsel dalam menghadirkan layanan bagi para pelanggan, terutama libur Lebaran. Selain aktivitas mudik, berekreasi ke lokasi wisata juga menjadi perhatian kami," ujar Bob dalam keterangan resmi kepada Tekno Liputan6.com.

Bob memprediksi trafik layanan data di lokasi wisata pada momen libur Lebaran diprediksi naik 32 persen dibandingkan hari biasa. Khusus untuk layanan 4G, peningkatannya diprediksi bisa mencapai 86 persen ketimbang hari biasa. 

Menurut Bob, tingginya penggunaan layanan data dipicu oleh aktivitas mengunggah foto dan video ke media sosial dan aplikasi pesan instan saat berekreasi.

"Wisatawan juga memanfaatkan layanan data untuk mencari informasi dan direktori wisata kuliner, penginapan, dan beragam aktivitas seni dan budaya yang bisa dilakukan di lokasi wisata," tambahnya.

Untuk itu, Telkomsel mengoperasikan 1.500 base transceiver station (BTS) di area sekitar lokasi berkumpulnya wisatawa. Dari total BTS itu, sekitar 450 BTS di antaranya adalah  BTS 4G. Telkomsel juga turut menyiagakan 89 unit BTS mobile. 

(Cas/Why)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Pertamina Permudah Konsumen yang Kehabisan BBM
Artikel Selanjutnya
Jaringan Telekomunikasi untuk Pemudik Kereta Api Dipastikan Aman