Sukses

Polri Antisipasi Kemacetan Panjang di Simpang Mengkreng Kediri

Liputan6.com, Jakarta - Polri mulai mengantisipasi terjadinya kemacetan di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah pada mudik Lebaran 2017. Satu di antaranya Simpang Empat Mengkreng, Kediri, Jawa Timur.

Di lokasi ini menjadi titik pertemuan kendaraan dari Jombang, Nganjuk, dan Kediri yang di setiap musim mudik terjadi kemacetan parah.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Royke Lumowa mengatakan, satu penyebab kemacetan di titik tersebut adanya perlintasan kereta api.

"Ini rawan macet, krusial, karena ada rel kereta. Ini jalur utama sebelum ada tol. Ini karena ada tol fungsional pada saat mudik, itu nanti tidak dilewatkan di sini. Mereka sebagian keluar-keluarnya di Kertosono," kata dia di Pos Polisi Mengkreng, Kediri, Jawa Timur, Rabu 14 Juni 2017.

Mantan Kapolda Papua Barat ini berharap, kemacetan saat mudik Lebaran 2016 tidak terulang lagi pada tahun ini.

Sementara, Kapolres Kediri AKBP Sumaryono mengatakan ada beberapa faktor yang menyebabkan kemacetan di Simpang Empat Mengkreng.

Yang pertama, kata Sumaryono, ada pemberhentian bus atau terminal bayangan. Kemudian parkir liar, pedagang kaki lima, perlintasan kereta api, dan pertemuan kendaraan dari tiga arah.

Untuk mengantisipasinya saat Mudik 2017, kata Sumaryanto, pihaknya akan memberlakukan pengalihan arus lalu lintas, membuat pagar betis, serta menyiapkan mobil derek untuk mengangkut kendaraan yang mogok.

"Kemudian apabila memungkinkan, dibuat sistem buka tutup arus lalu lintas sehingga jembatan Kertosoni hanya dilalui satu arah," Sumaryanto menandaskan.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Libur Idul Adha Usai, Kemacetan Kepung Jalur Selatan Garut
Artikel Selanjutnya
Puncak Arus Balik Libur Idul Adha Diprediksi Besok