Sukses

Ini Waktu Terbaik Mengemudi Saat Mudik dan Lebaran

Liputan6.com, Jakarta - Hari Selasa dinilai sebagai hari terbaik untuk mengemudi. Hal ini berdasarkan pada hasil survei Waze mengenai waktu terbaik dan terburuk untuk mudik pada musim liburan.

Berdasarkan keterangan tertulis Waze yang diterima Tekno Liputan6.com, Jumat (16/6/2017), Selasa dianggap hari terbaik mengemudi karena jumlah pengemudi 27 persen lebih sedikit dibandingkan hari lain.

Selain Selasa, Sabtu juga dianggap sebagai hari terbaik untuk mengemudi karena jumlah pengemudinya 16 persen lebih sedikit dibandingkan biasanya. Sayangnya, hal ini hanya berlaku sejak pagi hingga pukul 12 siang. Setelah itu, lalu lintas akan kembali normal.

Sementara itu, hari Senin merupakan hari terburuk untuk mengemudi karena jumlah pengemudi 21 persen lebih banyak dibandingkan hari biasa. Namun jangan khawatir, karena data ini hanya berlaku selama empat jam, yakni dari pukul 10 pagi hingga pukul 2 siang.

Temuan lain dalam survei Waze juga menunjukkan, pada musim mudik dan libur Lebaran, notifikasi gangguan perjalanan meningkat 65 persen. Demikian juga dengan tingkat kecelakaan yang meningkat 80 persen saat Ramadan.

Selain itu, pada Ramadan dan libur Lebaran, diketahui kalau kemacetan lalu lintas meningkat hingga 64 persen.  Sementara, menurut laporan Waze, jumlah polisi yang berada di jalanan berkurang 19 persen.

Pengemudi juga perlu mengetahui bahwa saat musim libur, jam sibuk di jalan dimulai lebih awal, yakni sekitar pukul 10 pagi (biasanya dimulai pukul 12 siang). Tak hanya itu saja, lalu lintas di beberapa kota di Indonesia juga meningkat. Di antaranya adalah Kota Bandung, Cirebon, Denpasar, Malang, Semarang, serta Yogyakarta.

Sekadar informasi, survei yang dirilis Waze ini menganalisis kemacetan lalu lintas di Indonesia berdasarkan informasi yang dimasukkan pengguna Waze ke aplikasi pada Ramadan tahun lalu.

Untuk mendapatkan data dan temuan yang sebanding, Waze merekam data dari empat minggu sebelum dan setelah Idul Fitri.

(Tin/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Mudik Lebaran 2017 Aman, Wiranto Beri Jempol ke Aparat Keamanan
Artikel Selanjutnya
Tips Sehat Perjalanan Lebaran Bawa Anak dari RSHS Bandung