Sukses

Jatim Siapkan 3 Tol Fungsional demi Kelancaran Arus Mudik

Liputan6.com, Malang Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyebut ada tiga jalan tol yang bisa dilalui selama arus mudik 2017. Ia memperkirakan selama Lebaran tahun ini diperkirakan ada 11.700.00 pemudik di Jawa Timur.

"Diharapkan bisa mengurai potensi kemacetan. Jalan tol itu bersifat fungsional, belum diresmikan tapi sudah bisa dilewati," ucap Soekarwo saat di Malang, Jawa Timur, Kamis, 15 Juni 2017.

Pemudik atau pengendara yang melalui tol fungsional itu pun tak dipungut biaya saat melintasi jalur tersebut.

Ketiga jalan tol itu antara lain Gempol–Rembang sepanjang 13,9 kilometer yang masih satu lajur. Ini merupakan seksi 1 dari proyek Jalan Tol Gempol-Pasuruan dengan panjang keseluruhan mencapai 37,15 kilometer.

Berikutnya Jalan Tol Surabaya–Kertosono sepanjang hampir mencapai 80 kilometer. Terakhir adalah Jalan Tol Wilangan-Caruban sepanjang hampir 18 kilometer. Kesiapan ketiga jalan tol itu akan dicek pada akhir pada 18 Juni mendatang. Terutama untuk melihat kesiapan menghadapi arus mudik 2017.

"Terakhir saya cek memang masih ada sedikit bergelombang, tapi relatif sudah baik. Nanti 18 Juni, kita cek final, tapi prinsip semua sudah bagus dan bisa dilalui," ujar Soekarwo.

Ia menambahkan, untuk arus mudik 2017, Pemprov Jawa Timur menyediakan 777 bus gratis sebagai angkutan Lebaran. Seluruh jalur yang akan dilalui juga diklaim telah baik, tak ada jalan rusak. Meski demikian, pemudik diminta tetap berhati–hati selama di jalan.

"Semua sudah bagus, baik itu jalur maupun transportasi sudah kami siapkan," Soekarwo memungkasi.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Mudik Idul Adha, Menhub Budi Fokus di 4 Titik
Artikel Selanjutnya
Agustus, Kemen-PUPR Mulai Siapkan Jalur Selatan untuk Mudik 2018