Sukses

Periksa AC Mobil agar Mudik Nyaman

Liputan6.com, Jakarta - Perjalanan saat arus mudik Lebaran lebih padat dibanding hari-hari biasa. Macet pun sudah menjadi hal yang lumrah saat seperti ini. Alhasil, waktu yang dibutuhkan relatif lebih lama.

Nah, untuk mengantisipasi kegerahan di dalam mobil, sebaiknya periksa sistem pendingin ruangan sebelum memulai perjalanan. Pasalnya, AC mobil yang kurang sejuk pasti membuat penumpang di dalamnya tidak nyaman. Bagaimana tidak, udara tetap berembus dari ventilasi tetapi hawanya panas.

Bila Anda menemukan gejala seperti ini pada mobil, patut waspada. Sebab, embusan udara yang kurang sejuk mengindikasikan filter kabin AC mobil kotor.

"Kurang dingin atau angin kecil indikasi filter kotor. Apabila kotor tidak bisa menghisap udara di kabin, udara tidak bisa menyemburkan ke evaporator," ucap Heru Wibowo, Workshop Manager PRO-Q, beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan, filter kabin harus diperiksa tiap tiga bulan sekali. Apabila sudah kotor maka dapat dibersihkan sendiri oleh pemiliknya atau dibersihkan oleh mekanik di bengkel.

"Tiga bulan sekali pemeriksaan filter kabin. Dilihat gimana tingkat kekotorannya, itu disemprot pakai kompresor angin," tuturnya. "Kalau sudah terlalu kotor sebaiknya ganti. Durasi penggantian setiap eman bulan," jelasnya.

 

 

Simak video menarik di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Kendaraan Rusak Saat Mau Mudik? Begini Atasinya!
Artikel Selanjutnya
6 Kiat Perjalanan Mudik Aman dan Puasa Lancar