Sukses

Kendaraan Bekas Paling Banyak Dicari Selama Ramadan

Liputan6.com, Jakarta - Pada Ramadan 2017, aktivitas jual beli di platform iklan baris OLX mulai terlihat pada H-30 sebelum Hari Raya Lebaran. Jika dipecah, kategori produk yang paling banyak dicari pembeli adalah kendaraan bekas.

Selain kendaraan bekas, kategori produk fashion juga banyak diincar pembeli. Sementara, kategori produk elektronik dan gadget justru mulai dicari pada H-15 Lebaran.

Diungkap Edward Kilian selaku Chief Marketing Officer OLX, aktivitas jual beli di OLX selama Ramadan cukup meningkat tajam. Aktivitas kunjungan bahkan melesat naik tiga kali di saat sahur.

“Kalau yang paling banyak dicari itu mobil, pembelinya naik 7 persen mulai H-30 hingga H-12. Motor pembelinya naik 8 persen mulai H-30 hingga H-7,” kata Edward kepada Tekno Liputan6.com di kantor pusat OLX, Jakarta baru-baru ini.

Pria yang akrab disapa Kiki ini juga menambahkan, pembeli kategori produk fashion naik hingga 20 persen mulai H-30 hingga H-5, dan kategori gadget pembelinya naik hingga 10 persen mulai H-14.

“Kalau kata pencarian tertinggi selama Ramadan tentu tak lepas dari kategori produk yang saya sebutkan, yang paling banyak dicari (lima besar) itu ada Honda, Samsung, iPhone, Avanza, dan Kijang.

Transaksi selama Ramadan, diprediksi akan melambat pada hari kelima menjelang lebaran. Meski begitu, Kiki menekankan, data dari OLX mencatat untuk kategori lowongan dan jasa juga meningkat dengan drastis pada lima hari setelah lebaran. Hal ini terjadi karena banyak orang yang mencari pekerjaan di sektor informal, seperti sopir, pembantu rumah tangga, atau pegawai toko.

OLX sendiri juga kembali menggagas gerakan #BekasJadiBerkah dengan bersilaturahmi ke kantor-kantor startup (perusahaan rintisan) dan e-Commerce seperti Go-Jek, Sale Stock, dan Blanja.com.

Dalam kunjungan silaturahmi, OLX juga mengadakan kegiatan Garage Sale yang sebagian dari hasil penjualannya didonasikan via Dompet Dhuafa.

Bagi pengguna secara umum, #BekasJadiBerkah mengajak setiap orang untuk menjual barang bekas miliknya dan menggunakan hasil penjualan untuk membantu orang lain.

“Lewat berbagai inisiatif yang telah dijalankan, OLX berharap pengguna dan masyarakat secara umum tidak hanya melihat jual beli barang bekas sebagai sebuah transaksi yang menghasilkan uang belaka. Namun juga sebagai transaksi atau pertukaran yang dapat memberikan manfaat bagi orang lain,” pungkasnya.

(Jek/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
3 Smartphone Baterai Bongsor Harga Terjangkau untuk Lebaran
Artikel Selanjutnya
Menteri Susi Sarankan Isi Menu Lebaran dengan Ikan