Sukses

Keluarga Pakistan Jaga Tradisi dan Budaya Selama Bulan Ramadan

Liputan6.com, Abu Dhabi - Jika dihitung, dari Pakistan menuju Uni Emirats Arab hanya memakan waktu selama empat jam menggunakan pesawat. Namun satu keluarga berkewarganegaraan Pakistan di UEA tetap ingin menjaga tradisi selama berada di kampung halaman.

Dikutip dari laman Khaleej Times, Minggu (18/6/2017) keluarga Kanwal mengatakan, ingin terus menjaga tradisi mereka selama bulan suci Ramadan. Beberapa kebiasaan keluarga tersebut ialah berkejar-kejaran dengan waktu saat membeli buah-buahan ketika menit akhir berbuka puasa. Serta mengunjungi rumah teman-teman mereka dan mengundang buka puasa bersama dengan orang-orang terdekat.

"Sangat penting untuk menjaga tradisi agar tetap hidup. Hal ini membuat saya menghargai kenangan berharga yang pernah saya lakukan selama di Pakistan," ujar Asif Kanwal yang bekerja sebagai perancang website.

Pindah ke UEA pada tahun 2012, beberapa tradisi lain dari keluarga Kanwal adalah pergi ke masjid untuk salat tarawih setelah menjalankan salat Isya.

"Kami mencoba untuk menjaga tradisi kami, meski telah tinggal bertahun-tahun di negeri orang," tutur Kanwal.

Hal lain yang dilakukan sang Istri ialah, memasak makanan khas Pakistan selama bulan Ramadan untuk dihidangkan di hadapan tamu undangan.

"Saya mulai mempersiapkan makanan sejak pukul 05.00 sore. Sering saya sisipkan makanan tradisional Pakistan dan buah-buahan," kata Faryal.

berbagi tugas, sang suami dan anak diperintahkan untuk membersihkan dan mempersiapkan meja makan. Faryal belajar memasak dari sang ibu ketika masih kecil.

"Saya suka memasak dari usia yang sangat muda. Saya membuat beberapa masakan mengikuti selera keluarga besar saya," tambahnya.

Asif dan Faryal dikaruniai empat orang anak yang bernama Faique, Mahibah, Anayah dan Hissha. Keempatnya berusia antara tiga hingga sepuluh tahun.

"Semangat Ramadan selalu kami terapkan disetiap tahunnya. Semuanya sudah melekat pada keluarga kami. Mulai dari tradisi religi dan juga budaya,"

Asif mengatakan bahwa ia jatuh cinta dengan masakan istrinya. Ada beberapa makanan favorit sang suami seperti dahi balay, lumpia dan kue bola keju.

Faryal dan Asif sangat berharap agar tradisi ini dapat dipelajari oleh banyak orang termasuk anakanya. Tentang betapa pentingnya menjaga tradisi dimana pun kita berada.

  • Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.
    Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.
    Ramadan 2017
  • Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.
    Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.
    Bulan Ramadan
Artikel Selanjutnya
Buka Sunnah, Lebaran Ketupat ala Muslim Ternate
Artikel Selanjutnya
Waktu Idul Fitri di Korut Ternyata Ikuti Ketetapan di Indonesia