Sukses

4 Tips Melakukan Perjalanan Saat Berpuasa

Liputan6.com, Jakarta - Ramadan paling baik dihabiskan di rumah bersama keluarga, bercermin, dan menjadi lebih dekat dengan Allah. Namun situasi yang berbeda mungkin mengharuskan Anda untuk melakukan perjalanan seperti urusan bisnis keluar negeri atau pulang ke kampung halaman.

Dilansir dari Gulfnews, berikut ini beberapa tips untuk membantu Anda mempermudah perjalanan agar tidak melewatkan puasa saat bepergian di bulan Ramadan ini.

1. Rencanakan perjalanan dengan bijak

Salah satu faktor pertama yang perlu dipertimbangkan sebelum bepergian adalah waktu untuk berbuka puasa dan makan. Cara terbaik adalah bertanya di mana letak masjid terdekat atau mencari komunitas Muslim berdasarkan negara tempat Anda berkunjung.

Ini memberi kenyamanan untuk mengetahui bahwa Anda tidak sendirian berlatih tradisi Ramadan di negeri asing. Saat memesan, beritahu hotel terlebih dahulu jika Anda memiliki permintaan atau permintaan khusus dan dapatkan rekomendasi mengenai tempat terbaik untuk beribadah dan makan.

2. Tetap berpuasa selama perjalanan

Tidak semua orang tahu bahwa selain dari anak kecil, orang tua, orang sakit dan wanita dengan masa menstruasi (yang diizinkan tidak berpuasa di bulan Ramadan), musafir juga dibebaskan dari puasa. Namun jika Anda benar-benar tidak ingin ketinggalan dalam berpuasa, maka pastikan penerbangan Anda dijadwalkan setelah berbuka puasa.

3. Bawa makanan untuk berbuka

Banyak hal terjadi dalam perjalanan. Misalnya itu berurusan dengan penerbangan yang tertunda, terjebak dalam lalu lintas yang padat, atau kehilangan bagasi.

Pastikan untuk menyimpan paket kurma kecil di tas atau snack protein serta sebotol air untuk menjaga jika terjadi penundaan dan Anda perlu berbuka puasa. Sebelum sampai di hotel, siapkan makanan untuk sahur. Cukuplah untuk membuat Anda bertahan sepanjang hari sambil mencari restoran terdekat yang menyajikan makanan halal untuk buka puasa.

4. Segerakan berbuka dan ketahui kapan matahari terbenam

Selalu berbuka puasa saat matahari terbenam di tempat tujuan Anda tidak peduli seberapa pendek perjalanannya atau di manapun Anda berada. Zona waktu negara tempat Anda pergi dan mulai berpuasa tidak terlalu penting. Ingat, pastikan matahari sudah terbenam sebelum Anda berbuka puasa.

Artikel Selanjutnya
Awali Pagi dengan 9 Kebiasaan Ini untuk Semangat Sepanjang Hari
Artikel Selanjutnya
Tips Kumpulkan Energi Usai Libur Lebaran agar Siap Beraktivitas