Sukses

BUMN Berangkatkan 118.220 Pemudik ke 84 Kota

Liputan6.com, Jakarta 28 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memberangkatkan 118.220 pemudik ke 84 kota tujuan di Indonesia. ‎Keberangkatan pemudik ini terkait program pemerintah Mudik Bareng Guyub Rukun.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengataan, mudik bareng BUMN bertujuan membantu masyarakat pulang ke kampung halamannya guna merayakan Lebaran. Hal ini sebagai bukti dan implementasi BUMN Hadir Untuk Negeri, dengan memberi manfaat secara langsung ke masyarakat.

“BUMN selalu memastikan diri untuk hadir bagi negeri melalui berbagai manfaat yang dirasakan langsung oleh masyarakat. Momen Ramadan dan Lebaran ini adalah saat yang tepat untuk berbagi dan menjalin tali silaturahmi," kata Menteri BUMN saat melepas, mudik bareng BUMN, di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Senin (19/6/2017).

‎Rini melanjutkan, jumlah masyarakat yang mudik menggunakan fasilitas mudik bareng BUMN bertambah. Pada 2016, BUMN berhasil memberangkatkan 93.334 pemudik ke 77 kota tujuan. Tahun ini memberangkatkan 118.220 pemudik ke 84 kota tujuan di Indonesia.

"Kegiatan Mudik Bareng BUMN ini telah terselenggara selama 10 tahun, dengan sinergi BUMN memasuki tahun ketiga.‎ Ini bentuk dukungan Mudik Bareng Guyub Rukun," jelas dia.

Menurut Rini, meningkatnya jumlah pemudik pada musim lebaran setiap tahun, berpotensi menimbulkan ekses kemacetan dan kecelakaan di jalan raya. Dengan adanya program mudik gratis tersebut dapat meminimalisir kecelakaan.

"Jadi  Mudik Bareng BUMN ini juga menjadi solusi untuk mengurai kemacetan selama mudik, sekaligus untuk menekan jumlah angka kecelakaan mudik,” tutur Rini.

Masyarakat yang mengikuti mudik bareng BUMN 2017, diberangkatkan berbagai moda transportasi, antara lain bus sebanyak 1.920 unit, kereta 11 rangkaian dengan 31 gerbong, kapal 18 unit, dan pesawat 23 unit.

“Kami menyediakan berbagai moda transportasi mulai dari bus, kereta, kapal hingga pesawat. Dengan demikian masyarakat tidak perlu menggunakan sepeda motor untuk mudik yang berisiko tinggi dan berpotensi menimbulkan kemacetan,"‎ dia menjelaskan.

Sebanyak 28 BUMN berpartisipasi dalam kegiatan Mukdi Bareng BUMN 2017 yang dikoordinasi PT Jasa Raharja. BUMN yang terlibat yakni PT Aneka Tambang, PT Angkasa Pura II, PT ASDP, PT Askrindo, Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, PT BKI, PT Brantas Abipraya, PT Bukit Asam, PT Indofarma, PT Jasa Marga, PT Pegadaian, PT Pelindo I, PT Pelindo II, PT Pelindo III, PT Pelindo IV, PT Pertamina, PT PGN, PT PLN, PT Pupuk Indonesia, PT Semen Indonesia, PT Taspen, PT Telkom, PT Timah, dan PT Wijaya Karya.

Simak video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Terminal Tanjung Priok Sepi Pemudik Arus Balik
Artikel Selanjutnya
Bus Pemudik dari Jawa dan Sumatera Berdatangan ke Terminal Kalideres