Sukses

Wisata Kebun Buah Kurma Nabi di Bantul Yogyakarta

Liputan6.com, Bantul - Pohon kurma identik dengan negeri Arab, karena pohon itu terkenal dari daerah Timur Tengah. Ternyata, kurma juga bisa hidup dan berbuah di Indonesia, seperti di kebun buah Sedayu Jalan Argorejo, Sedayu, Bantul.

Ada dua jenis kurma yang ditanam di kebun ini. Lebih dari 20 pohon kurma bisa ditemukan dengan jenis kurma Berhi dan Ajwa. Jenis terakhir dikenal pula dengan sebutan kurma nabi.

"Berhi sempat berbuah. Yang Ajwa sempat berbunga, tapi karena curah hujan di Yogya cukup tinggi, belum sempat dikawinkan atau diserbukkan, itu rontok. Kita berharap Ajwa itu untuk lebaran ternyata meleset," ujar Putri Pradnya, Marketing Manajer kebun buah langka Sedayu kepada Liputan6.com, Minggu, 18 Juni 2017.

Putri mengatakan, seringnya hujan menjadi faktor gagalnya panen kurma. Sebab, kurma hanya sekali berbuah setiap tahunnya di kebun buah Sedayu ini. Salah satu pengalaman berbuah pohon kurma Berhi terjadi pada 2016 saat cuaca cukup panas.

"Berapa kilonya nggak sempat dihitung. Sebab, waktu itu langsung habis diminta ibu-ibu hamil," katanya.

Putri mengatakan pohon kurma yang ditanam pemiliknya Ardi Nugroho Bonaventura sudah sejak tiga tahun lalu. Namun, dari jenis yang ada, baru jenis Berhi yang mampu berbuah, sementara pohon kurma nabi belum pernah.

Pohon kurma yang ditanam pemiliknya itu memang mengundang penasaran warga sekitar dan luar DIY. "Banyak yang ke sini karena pengin lihat pohon kurma. Ya daripada jauh ke Arab, di Bantul aja ada. Dari luar Yogya banyak yang ke sini," ujarnya.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

(https://www.vidio.com/watch/767405-ngabuburit-asyik-sambil-naik-kuda-di-alun-alun-sumedang-liputan6-sctv)

Artikel Selanjutnya
Selain Puncak Becici, Ini Lokasi Seru Wisata di Yogyakarta
Artikel Selanjutnya
Pesona Keindahan Wisata Gunung Bromo yang Memukau