Sukses

Cek Kondisi Radiator Sebelum Mudik

Liputan6.com, Jakarta - Kemacetan menjadi bagian yang tak terpisahkan saat musim mudik seperti sekarang ini. Nah, hal yang dikhawatirkan saat terjebak macet adalah terjadi overheat pada mesin.

Overheat sendiri kerap terjadi karena sistem pendingin, misal bagian radiator, tidak berfungsi sempurna. Jika kondisi macet, ditambah panas terik, maka aliran udara hanya bersumber dari kipas dan tidak ada embusan angin dari arah luar saat mobil melaju.

Menurut Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, ada beberapa ciri masalah pada radiator. Jika radiator mengalami masalah, kata dia, biasanya akan timbul sejumlah gejala.

"Awalnya AC tidak dingin, kemudian itu akan menjadi mesin overheat,” ucap Anjar saat berbincang dengan Liputan6.com.

Anjar mengatakan, ada baiknya saat hendak pergi sebelum mudik, air radiator diisi penuh. Selain itu, perhatikan saat menutup mulut radiator. Terkadang, akibat tidak menutup rapat air radiator, maka tekanan air akan keluar, sehingga air menjadi habis.

Namun, cairan di dalam radiator juga bisa berkurang karena adanya kebocoran pada bagian selang karena getas dimakan usia.

Belum sampai di situ, ciri-ciri radiator bocor juga bisa terlihat, yakni timbul kerak dan karat di bagian bawah atau atasnya. Hal tersebut dipastikan karena ada kebocoran di titik tersebut.

Kata Anjar, gejala atau masalah pada radiator bisa saja tidak terjadi jika kendaraan kerap diperiksa dan kondisi sangat baik untuk digunakan mudik.

 

 

Simak juga video menarik di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Hipertensi dan ISPA Banyak Dialami Pemudik
Artikel Selanjutnya
6 Kiat Perjalanan Mudik Aman dan Puasa Lancar