Sukses

Ini 5 Industri Paling Banyak Buka Lowongan Kerja Saat Ramadan

Liputan6.com, Jakarta - Platform komunitas online yang menampilkan informasi seputar dunia kerja, Jobplanet, baru saja merilis hasil riset aktivitas para pencari kerja di situsnya menjelang bulan Ramadan dan Idul Fitri 2017.

Riset ini dilakukan sejak 1 April hingga 15 Juni 2017 untuk mengetahui industri apa saja yang paling banyak membuka lowongan pekerjaan, industri apa saja yang paling diminati, serta tenaga kerja apa saja yang paling dicari perusahaan. Tak hanya itu, riset ini juga dilakukan untuk mengetahui apa yang paling banyak diakses pencari kerja.

Hasilnya, dari sekitar 3.000 perusahaan dengan lebih dari 20.000 informasi lowongan kerja, industri yang paling banyak membuka lowongan pekerjaan adalah ritel dan distribusi. Ada sekitar 21 persen lowongan pekerjaan dari industri ini yang dipasang di situs Jobplanet.com.

Perusahaan yang termasuk dalam industri ritel dan distribusi antara lain bergerak di bidang perdagangan dan logistik, seperti pertokoan. Sementara berada di urutan kedua adalah industri pariwisata dengan persentase 14,66 persen.

Perusahaan yang termasuk dalam industri pariwisata antara lain bergerak di bidang perhotelan, restoran, serta hiburan dan rekreasi. Berada di urutan ketiga dengan persentase 7,65 persen adalah perusahaan yang bergerak di industri pelayanan dan bidang jasa, seperti event organizer, wedding organizer, serta perawatan kesehatan.

Lalu ada industri perbankan dan keuangan dengan persentase mencapai 5,58 persen, sedangkan di urutan kelima adalah industri manufaktur yang memiliki persentase 4,32 persen. Selain lima industri tersebut, industri lain yang juga membuka banyak lowongan pekerjaan adalah konstruksi dan bangunan, teknologi informasi, dan pendidikan.

Lantas, industri apa yang paling menarik perhatian pencari kerja? Menurut riset, industri yang menjadi primadona bagi pencari kerja adalah industri manufaktur dengan persentase 12,43 persen, dan disusul oleh ritel, pelayanan, pariwisata, perbankan dan keuangan, teknologi informasi, konstruksi, dan kesehatan.

Adapun lowongan pekerjaan yang paling banyak dicari perusahaan adalah tenaga kerja di bidang pengembangan bisnis atau business development, yakni sebanyak 11,69 persen dari total lowongan pekerjaan di situs Jobplanet.

"Dari riset ini, kita bisa melihat jenis pekerjaan apa saja yang paling dicari dan dibutuhkan perusahaan. Kami berharap informasi ini tak hanya bermanfaat bagi pencari kerja, tapi juga perusahaan dan industri terkait," ujar Chief Product Office Jobplanet, Kemas Antonius, melalui keterangan tertulisnya, Selasa (20/6/2017).

Selain itu, lowongan lain yang juga banyak dicari perusahaan adalah tenaga kerja di bidang analisis keuangan dan akuntansi, pemasaran atau marketing, penjualan atau sales, hardware dan software engineer, staf administrasi, serta pelayanan pelanggan atau customer service.

(Dam/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Mau Magang? Ini 5 Industri RI yang Terbanyak Buka Lowongan
Artikel Selanjutnya
Job Fair di Kemayoran, Ada 12 Ribu Pekerjaan Menanti Anda