Sukses

3 Perangkat Pintar untuk Lindungi Rumah di Kala Mudik

Liputan6.com, Jakarta - Perjalanan mudik biasanya disiapkan dari jauh-jauh hari, mulai dari pemesanan tiket, beli oleh-oleh, hingga yang paling vital adalah melindungi rumah saat semua anggota keluarga beranjak mudik. Karenanya, perlu disiapkan langkah untuk mengantisipasi rumah yang kosong saat mudik berlangsung.

Ada banyak cara agar melindungi rumah dari maling dan pihak yang tak bertanggung jawab. Selain menghubungi aparat keamanan sekitar atau tetangga, langkah lain yang perlu disiapkan adalah sejumlah perangkat yang dapat membantu kamu mengamankan kondisi rumah selama perjalanan di jalur mudik ataupun setelah tiba di tempat tujuan.

Nah, apa saja perangkat tersebut? Simak daftar gadget pelindung rumah selama perjalanan mudik versi Tekno Liputan6.com berikut ini. 

1. Lampu pintar

Jika kamu masih punya lampu regular, tak ada salahnya mulai menggantinya dengan lampu pintar yang kini sudah banyak dijual di pasaran. Lewat lampu pintar ini, kamu bisa mengatur jadwal nyala atau matinya alat penerang tersebut.

Jadi, rumah kamu dipastikan tetap terang sekaligus hemat daya karena dapat beroperasinya lampu dapat diatur dari jarak jauh. Namun perlu diingat, lampu ini memerlukan jaringan internet untuk dapat bekerja. Karenanya, pastikan jaringan internet di rumah tetap menyala selama ditinggalkan.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

2. Alarm dengan sensor

Teknologi alarm rumah saat ini pun mulai semakin pintar. Terlebih dengan kelengkapan sensor gerak, penggunaan alarm pintar dapat menambah rasa aman saat rumah ditinggal pergi untuk waktu lama.

Beberapa produk yang dijual bahkan menawarkan proses instalasi yang mudah dan cepat, sehingga tak perlu repot memasang kabel untuk membuatnya terhubung. Tak lupa, beberapa produk alarm juga dapat memberikan notifikasi ke smartphone-mu saat membaca ada gerakan asing di sekitar rumah.

3. IP Camera

Sebagai pelengkap, kamu juga dapat memasang kamera pengawas berbasis internet atau yang dikenal sebagai IP Camera. Berbeda dari kamera pengawas berbasis kabel CCTV, kamu dapat menerima informasi tangkapan kamera secara langsung melalui internet. Bahkan, beberapa produk sudah dilengkapi mikrofon untuk menangkap suara.

Jadi, kamu cukup memasangnya di sudut strategis rumah, pasang aplikasinya di smartphone, dan rumahmu bisa dipantau secara real-time. Keuntungan lain dari IP Camera adalah harganya yang terjangkau. Untuk sekarang, kamu sudah bisa menemukan IP Camera yang dibanderol dari harga Rp 400 ribuan.

(Jek)

Tonton Video Menarik Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Serunya Suasana Mudik Lebaran dalam Diorama
Artikel Selanjutnya
Inilah Mereka yang Bekerja Saat Lebaran